MATERI KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN
FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN.
Daftar Pustaka
1.Filsafat Ilmu →Jujun S.
Suriasumantri,Sinar Harapan,Jakarta.
2.Pengantar Filsafat Ilmu → Beerling,KweeMooij,Van Peursen Alih
bhs Soejono Soemargono Tiara Wacana,Yogyakarta
3.Filsafat Ilmu → Rizal
Mustansyir,Misnal Munir,Pustaka Pelajar,Yk.[i]
4.Pengantar Filsafat Ilmu →
The Liang Gie,Yayasan Studi Ilmu & Teknologi,Yk.
-
Ada Semacam
Kecemasan yg menghinggapi para pengusaha ilmu.
-
Kecemasan itu
berkenaan dg kemajuan pesat Iptek,yg Semula berjalan diatas kesejahteraan dan
kepentingan umat manusia
-
Mengapa hal
itu bisa terjadi
1. Alasan Historis → Dosa Anak2
Renaissance yg memisahkan aktivitas ilmiah
dg nilai2 keagamaan . dimasa lalu menjadikan ilmu bergerak tanpa
kendali.
2. Alasan Normatif
Orientasi akademik mengalami pergeseran dr wilayah keilmuan kewilayah
pasar yg cenderung profit motif/orientid.Sehingga demi uang segolongan ilmuan
tak segan2 melanggar kode etik ilmiah.
Pengenalan
Filsafat
1.
Permulaan Mempelajari
Filsafat.Filsafat dapat dipelajari dg berbagai cara :
1.
Secara
Historis
Mempelajari Sejarah
Perkembangannya.Sejarah Pemunculanya sampai
Sekarang.
2. Secara Sistematis
Yaitu dg cara mempelajari isinya
Mempelajari bidang pembahasanya
yg diatur dlm bidang tertentu.
Mis.
Cabang2 filsafat : Metafisika,Epistemologi,Logika,Etika dan Estetika.
Ada keunikan dlm
mempelajari Filsafat.
Setiap bidang Filsafat tdk mrpk bidang yg “ deskrit “ → dlm arti terpisah
secara mutlak melainkan” Setiap bidang bersifat korelatif” yi → memiliki titik
singgung dg bidang2 yg lain.
Filsafat menyerupai “ lingkaran geometri “
-
Titik awal pemikiran
filsafat seperti salah satu titik pd lingkaran itu yg terdiri atas sejumlah titik yg tak terhingga.
-
Tiap2 titik dpt
digunakan sbg titik awal dan tdk satupun sungguh2 memuaskan sbg permulaan krn tiap2 titik lingkaran
tergantung kpd tiap2 titik yg lain.
-
Dmkn juga tiap2 masalah
Filsafat tergantung pd setiap masalah Filsafat
yg lain.
Filsafat → bukan lmu biasa yg puas dg fakta
Berusaha
mengetahui hal2 diseberang fakta
Sejarah Filsafat → Sejarah pemikiran ttg yg :
-
Essensial → menyentuh
hakekat kenyataan
-
Fundamental → menyentuh
dasar kenyataan
-
Radikal → menyentuh
akar kenyataan.
-
Landasan bagi
Filsafat Ilmu telah diletakkan oleh
F.Bacon pd ab 16.
-
Namun ,perbincangan
mengenai Filsafat Ilmu baru merebak pd
-
abad ke 20.Perhatian
besar terhadap Filsafat Ilmu mulai
mengedepan tatkala iptek berjalan terlepas dr asumsi2 dasar Filosofisnya.Seperti
landasan ontologis.Epistemologis dan aksiologis.shg iptek tdk lagi membawa
berkah, ttp justru mengancam eksistensi manusia,bahkan alam semesta.
-
Filsafat ilmu hadir sbg
upaya utk meletakkan kembali peran dan fungsi iptek seperti tujuan semula,
yakni mendasarkan diri dan concern
terhadap kebahagyaan umat manusia.
Kedudukan Filsafat
Dlm sejarah Ilmu
Pengetahuan → hanya ada satu ilmu
↓
Filsafat
Kedudukan Filsafat → Mother of Science.
Dlm perkembangan → Ilmu
memisahkan diri dari filsafat Sbg induk Ilmu pengetahuan
Filsafat
menjadi : Dasar,Perangka, pemersatu
Krn setiap Ilmu pengetahuan apabila sampai pd masalah2 fundamental mau
tdk mau kembali pd filsafat.
Asumsi
mengenai manusia
Ilmu Ekonomi :Manusia adalah makhluk Ekonomi yg bertujuan mencari kenikmatan Se-besar2nya
dan menjauhi ke tdk nyamanan semungkin bisa,ia adlh makhluk hedonis yg serakah
“ Mendapatkan keuntungan yg se-besar2nya dg pengorbanan seminimal mungkin”. Ilmu
ekonomi bertujuan menelaah hubungan mns dg benda/jasa yg dpt memenuih tujuan
hdp nya.
Ilmu manajemem bertujuan Menelaah kerja sama antara sesama manusia dlm mencapai
satu
tujuan yg disetujui
bersama
ILMU PENGETAHUAN
Ilmu Pengetahuan adalah : Pengetahuan ( knowledge ) yg tersusun secara sistematis dg
menggunakan kekuatan pemikiran
(Rasional) , bermetode ,serta
pengetahuan tsb Selalu
dapat diperiksa & ditelaah (
Dikontrol) dg kritis oleh seorang atau
setiap orang yg ingin mengetahuinya.
Ilmu Pengetahuan → Hendaknya dikembangkan utk meningkatkan kualitas hidup
manusia → ilmiah & moral.
Ilmu Pengetahuan → bukan
hanya mengandung kebenaran tapi juga kebaikan.
Teknologi → merupakan penerapan konsep berdasarkan
Ilmu Pengetahuan dlm
masyarakat
dan lingkungan.
Ada timbul
pendapat mengenai netral atau tidaknya Ilmu Pengetahuan &Teknologi tsb?
-
Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Modern tdk ada alasan Ilmu Pengetahuan
mempunyai tujuan sendiri yi Ilmu demi Ilmu.
-
Ilmu Pengetahuan tdk
dpt lepas dr kehidupan se-hari2.Ilmu pengetahuan hrs
membawa manfaat.
-
Manusia dlm pekerjaan ilmiahnya tdk hanya bekerja dg
akal melainkan seluruh
eksistensi kemanusiaan yg ada .
↓
Manusia dlm mengambil keputusan
hrs mempertimbangkan :
-
Ajaran Agama
-
Nilai Etika
-
Kesusilaan.
PENGERTIAN
FILSAFAT
A. Arti Secara
Etimologis.
Filsafat → bhs Arab Falsafah
bhs Inggris
Philosophy
↓
Semuanya berasal dr bhs
yunani“ Philosophia “
Philoshopia terdiri dr kt Philein → - Cinta ( Love )
- Gemar
akan, ingin dekat akan
- Usaha
sekuat tenaga utk
mendapatkan.
Sophia → - Kebijaksanaan ( wisdom ),ilmu pengetahuan yg
mendalam.
Jadi philosophia *cinta akan kebijaksanaan,
*usaha
sekuat tenaga untuk mendapatkan
ilmu pengetahuan yg mendalam.
Faktor2 yg paling banyak dibicarakan dlm Filsafat Ilmu.
1.
– Sejarah
Perkembangan Ilmu
Memaparkan berbagai wacana yg
berkembang diseputar temuan2 Ilmiah
sesuai dg periodisasi2.
-
Setiap Periode menampakkan
kekhasan masing2, shg perbandingan secara kritis antar
satu periode dg periode yg lain
akan memperlihatkan paradigma ilmiah sepanjan
sejarah perkembangan ilmu.
2.
Metode Ilmiah
Merupakan prosedur yg mencakup berbagai tindakan pikiran ,pola kerja,tata
langkah,
dan cara teknik utk memperoleh pengetahuan baru atau memperkembangkan
pengetahuan yg ada.
3.
SIkap etis
Apakah Ilmu itu bebas nilai atau tdk?
Perkembangan Sejarah Filsafat Barat dpt dibagi dlm 4
periodisasi.
1.
Zaman Yunani
Kuno----6 sm-6 m
-Zaman yunani kuno seblm Sokrates
Ciri pemikiran filsafatnya → Kosmosentris
Apakah penyebab pertama dr alam semesta?
-Zaman yunani kuno sesudah Sokrates
Ciri pemikirannya Anthroposentris
Apkh hakekat manusia?
2.
Abad
Pertengahan---6 m-16m
Ciri pemikiran Filsafatnya →
Theosentris
Apkh Tuhan itu ada atau tdk?
-Zaman renaissance----ingin
melepaskan diri dr dogma gereja,dan kekuasaan absolu
Raja,ingin pemikirannya sesuai
dg akal
3.
Abad Modern------17—19m
Ciri pemikiran Filsafatnya →
Anthroposentris
Manusia menjadi tema sentral
dr pembicaraan kefilsafatan
4. Abad
Kontemporer-------abad 20-----sekarang
Ciri pemikiran Filsafat →
Logosentris
-Mempermasalahkan ungkapan yg
dilontarkan ahli pikir seblmnya.
-Filsafat analitik menjalankan
tugas utama “membersihkan bhs filsafat dr ungkapan yg tdk
Bermakna “ atau omong kosong dr filosof
sebelumnyattg realita.Filsafat analitik membahas
- Ttg arti atau makna bhs.
Linguistik
membahas ttg tata bhs [gramatika],dan fonem [bunyi]
FILSAFAT ANALITIK BERPEGANGANPADA
METODE “ANALISA BAHASA”
-Membersihkan dan
menyembuhkan [therapy ]pemakaian dlm bhs filsafat.
-Sebab para filosof
analitik menganggap “bhs filosof mengandung banyak penyakit “
Seperti ;1.kekaburan arti[vaguenees]
2.kemakna gandaan [ambiguity ]
3.ketidak terangan [inexplicitness]
TUJUAN DAN
IMPLIKASI FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN.
TUJUAN
MEMPELAJARI FILSAFAT ILMU.
1,SBG SARANA PENGUJIAN PENALARAN ILMIAH
,shg org menjadi kritis terhadap kegian Ilmiah ,maksudnya seorang ilmuwan hrs
mempunyai sikap kritis terhadap bidang ilmunya Sendiri,shg dpt menghindarkan
diri dr sikap solipsistik,menganggap bahwa hanya pendapatnya sendiri paling benar.
2.merupakan usaha
merefleksi,mengkritik asumsi dan metode keilmuan,sebab kecenderunganYg terjadi
didlm para ilmuwan modern adalah menerapkan
suatu metode ilmiah tanpa memperhatikan struktur
ilmu pengetahuan itu sendiri.Satu sikap yg
diperlukan disini adalahmenerapkan metode ilmiah yg sesuai
atau cocok dg struktur ilmupengetahuan, Metode
hanya Merupakan sarana berfikir.bukan merupakan
hakekat ilmu pengetahuan
3.Memberi pendasaran logis terhadap
metode keilmuan .Setiap metode ilmiah yg
dikembangkan hrs dpt dipertanggung jawabkan secara rasional,agar dpt dipahami
dan dipergunakan secara umum.semakin luas penerimaan
dan penggunaan metode ilmiah mk semakin valid
metode tersebut,
IMPLIKASI
MEMPELAJARI FILSAFAT ILMU
1.Bagi seseorang yg mempelajari filsafat ilmu diperlukan pengetahuan
dasar yg memadai
tentang ilmu,baik ilmu alam maupun
ilmu social,supaya para ilmuwan mempunyai landasan berpijak yg
kuat Ini berarti ilmuwan social
perlu mempelajari ilmu2 kealaman secara garis besar.demikian pula
seorang ahli ilmu kealaman perlu
memahami dan mengetahui secara garis besar tentang ilmu2sosial.sehingga antara
ilmu yang satu dengan yg lain saling menyapa,bahkan dimungkinkan terjalinnya
kerja sama yg harmonis utk memecahkan persoalan2 kemanusiaan.
2.menyadarkan seorang ilmuwan agar tdk terjebak pada pola pikir “menara
gading”,yakni
hanya berpkir murni dalam
bidangnya tanpa mengkaitkannya dg kenyataan yg ada diluar dirinya,Padahal setiap aktivitas keilmuan nyaris tdk dpt
dilepaskan dari konteks kehidupan
social kemasyarakatan
Filsafat ilmu diperlukan
kehadirannya ditengah perkembangan iptek yg ditandai semakin
menajamnya spesialisasi ilmu
pengetahuan.sebab dg mempelajari filsafat ilmu ,mk para
ilmuwan makin menyadari
keterbatasan dirinya dan tdk terperangkap dirinya dan tdk
terperangkap kedlm sikap arogansi
intelektual.hal yng lebih diperlukan adalah sikap
keterbukaan diri dikalangan
ilmuwan,shg mereka dpt saling menyapa dan mengarahkan
seluruh potensi keilmuanyg dimilikinya utk kepentingan umat manusia
SEJARAH DAN PERANAN PEMIKIRAN
FILSAFAT BARAT DIM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
KEBUDAYAAN MANUSIA
DEWASA INI DITANDAI DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK YG TERAMAT CEPAT,Perkembangan iptek dewasa ini tdk dpt
dilepaskan dr peran dan pengaruh filsafat barat.Iptek yg telah dikembangkan
bangsa barat telah menyentuh segala aspek kehidupan manusia.Ilmu pengetahuan pd
awalnya adlh suatu system yg dikembangkan manusia utk mengetahui keadaanya dan
lingkungannya,serta menyesuaikan diri dg lingkungannya,
Ilmu pengetahuan pd
awalnya diciptaka dan dikembangkan sebagai sarana utk membantu manusia meringankan
beban kehidupannya .namun dlm perkembangan selanjutnya khususnya pd abad ke 20
dan menjelang abad ke 21,ilmu tdk lagi sekedar sarana kehidupan bagi manusia
,ttp telah menjadi suatu substantive yg menguasai kehidupan umat manusia baik
secara ekstensif maupun intensif.berbagai spesialisasi ilmu pengetahuandan
penerapannya dlm berbagai bentuk teknologi yg tinggi disamping kemanfaatannya
yg luar biasayg telah menimbulkan
berbagai krisis kemanusiaan.
Berbagai krisis yg ditimbulkan
oleh perkembangan iptek pada umumnya didorong olehb pemecahan masalah
kemanusiaan yg sektoral ,banyak orang mengira bhw masalah2 kemanusiaan akan dpt
diselesaikan oleh satu disiplin ilmu saja,bahkan ada yg mengira disiplin ilmu
nyalah yg paling ampuh menyelesaikan berbagai masalah kemanusiaan
dewasaini.oleh karena itu agar perkembangan iptek sungguh dpt bermanfaat bagi
kehidupan manusia,pemikiran sempit semacam itu sdh saatnya ditinggalkan..
Untuk memecahkan masalah dewasa initdk mungkin lagi tdk mungkin dilakukan
oleh ilmuwan dr satu disiplin saja,melainkan hrs ditangani secara bersama oleh
berbwegai macam disiplinilmuwan dlm bidang yg berbeda..
BEBERAPA PANDANGAN TENTANG PRINSIP METODOLOGI
1.Rene Descartes
R.Descartes mengusulkan suatu metode umum yg memiliki kebenaran yg pasti
dlm karyanya”Discource on Method”,risalah tentang metode adalah sbb:
a.membicarakan masalah ilmu2 yg diawali dg akal sehat[common-sense] yg pd
umumnya dimiliki oleh semua orang.Ia
lebih concern pada bidang matematika
b.Menjelaskan kaidah2 pokok tentang metode yg akan dipergunakan dlm
aktifitas ilmiah .Bagi Descartes sesuatu
yg dikerjakan oleh satu orang lebih sempurna daripada yg dikerjakan oleh
sekelompok orang secara patungan
Empat langkah yg dpt
mendukung metode yg dikemukakan Descartes:
Pertama :janganlah pernah menerima baik apa
saja sebagai benar,jika anda tdk mempunyai pengetahuan yg jelas mengenai kebenaran.
Kedua:pecahkan tiap kesulitan anda menjadi sebanyak mungkin bagian dan
sebanyak yg dpt
Dilakukan utk mempermudah penyelesaiannya secara
lebih baik.
Ketiga :Arahkan pemikiran anda secara
tertib,mulai dr obyek yg paling sederhana dan yg paling mudah diketahui ,lalu
meningkat sedikit demi sedikit,setahap demi setahap,kepengetahuan yg paling
kompleks.
Keempat :Buatlah penomoran utk seluruh permasalahan selengkap mungkin,tinjauan
ulang secara menyeluruh shg anda dpt merasa pasti tdk sesuatupun yg merasa
ketinggalan.
Keempat langkah
yg diajukan Descartes ini menggambarkan suatu sikap skeptic metodis dlm upaya memperoleh
kebenaran yg pasti.
Descartes menyebutkan beberapa kaidah moral yg menjadi landasan
bagi penerapan metode sbb:
Pertama,mematuhi undang2 dan adat istiadat negeri,sambil berpegang pd
agama yg diajarkan sejak masa kanak2
Kedua,Bertindak tegas dan mantap,baik pada pendapat yg paling meyakinkan
maupun yg paling meragukan.
Ketiga,berusaha lebih
mengubah diri sendiri dari pada merombak tatanan dunia.
.Menegaskan pengabdian pada kebenaran yg acapkali terkecoh oleh
indera.kita memang dpt membayangkan diri kita tdk bertubuh ,namun kita tdk dpt
membayangkan diri kita tdk bereksistensi,krn terbkti kita dpt menyangsikan
kebenaran pendapat lain.kita dpt saja meragu-ragukan segala sesuatu,namun kita
tdk mungkin kita meragukan kita sendiri,yg sedang dlm keadaan ragu2,cogito ergo
sum.Menegaskan perihal dualisme dlm diri manusia,yg terdiri dari 2 substansi,yaitun res
cogitans[pemikiran] dan res ekstensa[jasmani yang meluas
.Dua jenis pengetahuan,yaitu pengetahuan spekulatif dan pengetahuanpraktis.pengetahuan
praktis terkait dg obyek2 konkrit.pengetahuan spekulatif menyangkut hal2 yg
bersifat filosofis.
ALFRED JULES
AYER.
DLM BUKU
‘Languade,truth and logic,-merupakan ajaran yg terpenting yg terkait dg
metodologi:adalah prinsip verifikasi.
SEJARAH DAN PERANAN
PEMIKIRAN FILSAFAT BARAT DIM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
-ZAMAN YUNANI. KUNO.
ӿFilosof yunani kuno
Thales→ [640 sm-550 sm]----Arche → Memperkembangkan filsafat alam [kosmologi]
ygmempertanyakan asal
mula,sifat dasar ,dan struktur komposisi dr alam semesta.menurutnya semuanya berasal dr “AIR” sbg materi dasar kosmis.merupakan
asas kehidupan segala sesuatu.
Sebagai seorang ilmuwan Ia mempelajari magnetis dan listrik yg merupakan pokok soal fisika.
Ia juga berusaha mengembangkan astronomi dan matematika.dg antara lain mengemukakan
bhw bulan bersinar krn memantulkan cahaya matahari.menghitung terjadinya gerhana
matahari,dan membuktikan
dalil2 geometri,Salah satu yg
dibuktikan ialah dalil”KEDUA SUDUT ALAS DR SUATU
SEGI
TIGA SAMA KAKI ADALAH SAMA BESARNYA’.Ia merupakan ahli matematik yg pertama,
dinyatakan sbg bpk dr penalaran deduktif
Anaximander →[611sm-545sm]--- to Apeiron “ yg tidak terhingga “
Anaximenes →[588 sm-524 sm]--- Udara ,
Udara meliputi Seluruh alam Semesta dan
mrpk asas kehidupan manusia.
Pytagoras →[580sm-500 sm]--- Bilangan.----pemikir dan tokoh
matematik ini mengemukakan sebuah
ajaran metafisika bhw bilangan merupakan inti
sari dr semua benda dan dasar pok0k dr sifat2 benda.dalilnya yg berbunyi”BILANGAN MEMERINTAH JAGAT RAYA INI ,
SEGENAP GEJALA ALAM merupakan pengungkapan
indrawi dr perbandingan2 matematik,Ia
terkenal dalilnya dlam bidang geometri
yg menetapkan a2+ b2=c 2
Menurut Ia berpendapat
matematika merupakan suatu sarana atau alat bagi pemahaman filsafat .
Menurut pytagoras ,kearifan yg sesungguhnya hanyalah dimiliki oleh ‘TUHAN’.OLEh KRN ITU
Ia tdk mau sbg org arif seperti halnya thales.melainkan
menganggap dirinya sbg org pecinta “kearifan”Ia org yg per-tama2memperkenalkan
istilah ‘PHILOSOPHIA’
Heraklitos → Fil.Menjadi-------Tak ada satu pun yg ada secara tetap.Sgl sesuatu bergerak secara
abadi,segala sesuatu berlalu,dan tdk
ada sesuatu pun yg tinggal diam.Asas pemula → Api
Terkenal ucapanya → “ Panta Rhei khai uden menei” semua mengalir dan tdk ada sesuatupun
yg
tinggal diam. Hakikat Segala
sesuatu adlh “ Perubahan”.
Semuanya mengalir,Sbg mana air Sungai, Senantiasa mengalir terus,dmkn pun
dlm dunia
jasmani tdk ada sesuatu pun yg tetap,Semuanya berubah terus
menerus.
PARMENIDES-----GAGASANNYA TTG “ADA’
Merupakan
cikal bakal “METAFISIKA’----“yang ada itu ada ,yg tdk
ada itu tdk ada”
Arti
penting Parmenides adalah gagasannya tentang “ada”,ia merupakan filsuf yg pertama Yg mempraktekkan cababg fisafat “metafisika”
DEMOSKRITOS---[460-370]
Ia
menegaskan realita terdiri dr banyak unsur yg disebutnya dg “atom”Atom itu sama
sekali tdk mempunyai kualitas dan jumlahnya tdk terhingga .pandangan ini
merupakan cikal bakal dr ilmu fisika,biologi dan kimia.
SOKRATES{469-399 sm].
Ia mengajarkan kepada
khalayak ramai terutama kepada kaum muda bahwa pengetahuan
manusia adalah kebajikan,dan kebajikan adalah kebahagyaan
[EUDAEMONIA],tujan hidup
manusia adalah mengejar ‘EUDAEMONIA’
PLATO{427-347
sm]
Murid Sokrates,Ia
mengubah pengertian kearifan [shopia] yg
semula bertalian dg soal2 praktis
dlm kehidupan menjadi pemahaman
intelektual,dlm karya tulisnya “REPUBLIK”Plato
menegaskan para filsuf
adlh pecinta tentang kebenaran[vision of
truth] Dlm pencarian
terhadap kebenaran itu ,hanya filosoflah yg dpt menemukan dan menangkap pengetahuan
mengenai ide yg abadi dan tak berubah.dlm
konsepsi Plato filsafat mrpkn pencarian yg bersifat spekulatif atau perekaan
terhadap pandangan tentang seluruh kebenaran.
Menurut Plato : Hidup
ini terbatas,penuh dg belenggu2 ,krn itu tugas manusia atau setiap
orang untuk melepaskan belenggu2 itu.Dalam
keadaannya yg serba terbelenggu ,orang akan
mudah percaya,akan semua kesaksian indera,dan menganggapnya sbg sesuatu
kebenaran.
Filosof hendaknya memandang apa yg
disaksikan oleh pancaindera adlh bayang2 dr realita yg
sebenarnya,
Plato
membelah realita menjadi 2:
-Dunia ide dan dunia bayang2[jasmani],dunia jasmani
selalu ada dlm perbedaan,
perubahan,Sesungguhnya
Plato berusaha mempertemukan filsafat ada [Parmenedes] dan filsafat
menjadi[Heraklitos]
Namun Plato terlalu berat
sebelah,krn seolah tak mau mengakui segala kesaksian indera,
sbg suatu realita
Bagi Plato:
-Manusia berada dlm dua dunia---Dunia ide dan dunia jasmani
-Diri manusia gabungan dari dua dunia yg sama sekali
berbeda,--jasmani dan rokhani
-Bagi jiwa,raga adlh penjara yg membelenggu,seblm bersatu
dg raga,jiwa berada
didunia ide
-Dunia ide dikenal sbg
---dunia yg penuh kenikmatan dan kebahagyaan.
ARISTOTELES.[384-322 SM]
MERUPAKAN MURID Plato
yg paling terkemuka,Menurut dia Sophia atau kearifan
merupakan kebajikan intelektual
yg tertinggi,sedang philosophia merupakan
padanan dr “EPISTEME” dlm arti suatu kumpulan teratur pengetahuan rasional mengenai
sesuatu obyek yg sesuai,Prote philosophia [filsafat yg pertama]sebagai bagian dr
episteme,
Ia memberi 2
macam definisi terhadap prote philosophia;
1.sebagai ilmu tentang asas2 yg
pertama.
2.sebagai ilmu yg menyelidiki peradaan
sebagai peradaan.
Dalam perkembangan
kemudian prote philosophia dr Aristoteles disebut METAFISIKA
Selain sbg filosof,Aristoteles
juga seorang ilmuwan yg mempelajari antara lain
:biologi ,psikilogi,dan politik.masih ada satu
lagi bidang yg dipelopri olehnya,
yaitu pengetahuan
panalaran yg dinamakan:ANALYTIKA DAN DIALEKTIKA
ANALITIKA-------berpangkal pada premis yg benar.
DIALEKTIKA---------berpangkal pada pangkal pikir yg tdk pasti
kebenarannya[hipotesis
.ZAMAN ABAD PERTENGAHAN.
Dalam abad tengah di
Eropa ,filsafat dianggap sebagai pelayan dari teologi,sebagai suatu sarana
untuk menetapkan kebenaran2
mengenai Tuhan yg dpt dicapai oleh akal
manusia.Seorang filsuf abad tengah yang terkemuka adlh
THOMAS AQUINAS[1225—1274] YG AJARANNYA
TERKENAL SEBAGAI FILSAFAT THOMISME,dan menjadi bahan
studi wajib dlm lingkungan gereja katolik romawi.
Thomas
Aquinas memadukan ajaran teologi katolik dg
filsafat Aristoteles;
“KEBENARAN TEOLOGIS YG
DITERIMA OLEH KEPERCAYAAN MELALUI WAHYU TIDAK DPT DITENTANG OLEH
SUATU KEBENARAN FILSAFATI YG DICAPAI DG
AKAL MANUSIA,KARENA KEDUA MACAM KEBENARAN ITU MEMPUNYAI SUMBER YG SAMA PADA TUHAN,” Seorang filosof
bebas utk melakukan suatu
penyelidikan dengan metode2 rasional asal saja
kesimpulan2nya tdk bertentangan dg kebenaran2 dr teologi yg ditetapkan.
FRANCIS
BACON[1561-1626].
Seorang filsuf
inggris yg mengemukakan metode
induksi,mendasarkan pd pengamatan ,dan percobaan utk menemukan kebenaran dlm
berbagai bidang pengetahuan.Ia menyebut filsafat sebagai ibu agung dr ilmu2.
FILSAFAT
MEPUNYAI BEBERAPA PENGERTIAN
1.FILSAFAT SEBAGAI SEBUAH PEMIKIRAN KEFIlSAFATAN
2.FILSAFAT SEBAGAI PANDANGAN HIDUP
3.FILSAFAT SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN-----ILMU FILSAFAT
FILSAFAT SEBAGAI SEBUAH PEMIKIRAN KEFILSATAN
YAITU;Pemikiran,perenungan
yang dilakukan secara sadar.sistematis,komprehensif, radikal,
trhadap
hakekat alam semesta raya ini dimana manusia itu hidup,tujuannya mencari
hikmah kebenaran dan arif kebijaksanaan.
Ciri 2 pemikican kefilsafatan
:
F uad Hasan ( 1992 ) Mengatakan :
Apa pun Ragam suatu Aliran Filsafat.
1.
Filsafat adlh Sesuatu
Aliran berpikir yg Radikal.
2.
Filsafat berusaha
utk Sampai pd kesimpulan2 .yg universal
3.
Filsafat berikhtiar utk membuka selubung misteri yg
menyelimuti Realita
dan Empiri.
4.
Orang yg berfilsafat
adlh orang yg berfikir sambil bertanggung jawab.
- Adapun pertanggung jawab yg pertama adalah
terhadap hati nuraninya,
fase berikutnya ialah cara bgmn ia merumuskan pikiran2nya agar bisa
di komunikasikan pd orang lain.
- Filsafat harus mempunyai sifat keterbukaan,
terbuka bagi mrk yg berminat
dan
bisa dikomunikasikan .terbuka untuk
diuji lebih lanjut
5.
Berpikir dlm filsafat tdk mengenal titik henti krn filsafat tdk
mempunyai
potensi
utk tiba pd kebenaran2 yg absolut,Filsafat merupakan pancaran
jiwa zaman.
Di dalam bukunya Elements
of Philosophy.
Katsoff mengatakan antara
lain :
1.
Filsafat adalh berpikir
secara kritik.
Pemikiran jenis ini berupa meragukan
segala sesuatu,mengajukan pertanyaan,menghubungkan gagasan yg satu dg yg lain
mencari jawaban yg lebih baik dibandingkan dg jawaban yg tersedia pd pandangan
yg pertama.
2.
Filsafat adalh berpikir
dlm bentuk yg Sistematik.
Kefilsafatan ialah merenung.Perenungan
kefilsafatan ialah percobaan untuk menyusun Sistem
Pengetahuan yg rasional, yg memadai utk memahami dunia tempat kita hidup,maupun untuk memahami diri kita sendiri.
3.
Filsafat harus
menghasilkan Sesuatu yg Runtut.
Perenungan kefilsafatan berusaha
untuk menyusun bagan yg koheren (runtut ),yg konsepsional suatu perenungan
kefilsafatan tdk boleh mengandung
pertanyaan yg saling bertentangan.
4.
Filsafat adalh berpikir secara Rasional.
Perenungan kerfilsafatan berusaha menyusun suatu bagan
konsepsional yg bersifat Rasional. Ialah bagan yg bagian2nya secara logis
berhubungan satu dg yg lainya.
5.
Filsafat hrs bersifat
komprehensif.
Perenungan kefilsafatan berusaha
menyusun bagan konsepsional yg mamadai untuk dunia tempat kita hidup maupun
dari kita sendiri,dlm arti tdk ada sesuatu pun yg berada diluar jangkauannya.
Ciri2 Berpikir secara Kefilsafatan.
1.
Bersifat Kritis.
Senantiasa mempertanyakan sgl sst,meragukan sgl sst,terhadap
problem atau hal2 yg sedang dihadapi oleh manusia.
2.
Pemikiran yg
radikal/bersifat terdalam.
Bukan hanya sampai pd fakta2 yg
sifatnya khusus atau empiri belaka namun sampai pd intinya yg terdalam yi
Subtansi atau hakikatnya.
3.
Besifat Konseptual.
Mrpkn generalisasi dan abstraksi pengalaman manusia.
4. Filsafat hrs menghasilkan sst yg koheren dan runtut.
Perenungan kefilsafatan berusaha utk menyusun bagan yg koheren ( runtut
),
Yg konsepsional, tdk boleh mengandung pernyataan yg saling bertentangan.
5. Sistematis.
Uraian kefilsafatan hrs saling berhubungan secara teratur dan terkandung
adanya maksud atau tujuan tertentu.
6. Komperhensif.
Usaha untuk menjelaskan
alam semesta secara keseluruhan.
Ciri2 Berfikir Secara
Kefilsafatan.
1. Bersifat Kritis.
Senantiasa
mempertanyakan sgl sst, problem2 atau hal2 yang sedang dihadapi oleh manusia, sampai pertanyaan yg
sangat fundamental, mk hrs dicari penyelesaianya sampai yang terdalam.
2.
Bersifat terdalam
Bukan hanya
samapai pada faktor2 yang sifatnya sangat
khusus dan empiris belaka namun sampai
pd intinya yg terdalam yi substansi yg
bersifat universal.
3. Bersifat Konseptual
Merupakan hasil generalisasi dan abstraksi pengalaman manusia.
4. Koheren dan Runtut
Koheren artinya sesuatu dg kaidah2 berpikir logis.
Konsisten artinya tdk mengandung kontradiksi
5. Sistematik
Pendapat yg merupakan uraian kefilsafatan itu harus saling berhubungan secara teratur dan terkandung adanya maksud atau tujuan
tertentu.
6. Komprehensif.
Mencakup atau menyeluruh.Berpikir secara
kefilsafatan mrpk usaha utk menjelaskan alam semesta secara keseluruhan.
7. Bebas dan bertanggung jawab
Bebas dari prasangka2 sosial,historis,cultural bahkan Religius.
Bertangung jawab terhadap hasil pemikiranya,paling tidak terhadap hati
nuraninya sendiri
FILSAFAT
SEBAGAI PRODUK-----PANDANGAN HIDUP
MENURUT KUYPERS—Dlm bukunya “ENCYCLOPAEDIE VAN DE FILOSOFI’-----WERELDBESCHOUWING
Merupakan suatu kosepsi
yang menyelurah tentang dunia,manusia,masyarakat,nilai2 serta norma2 yang
Dipakai sebagai landasan dalam sikap danperbuatan manusia terhadap
;DIRI SENDIRI,MANUSIA LAIN,
MASYARAKAT;NEGARA.DAN
TERHADAP TUHAN YG KESEMUANYA ITU MERUPAKAN PENCERMINAN DR HIDUP KEBUDAYAANNYA.
Pandangan
hidup menurut p4---Suatu kristalisasi dari nilai2 dan
norma2 yg diyakini akan kebenarannya
yg Menimbulkan tekad utk
mewujudkannya.Yang merupakan pendirian keyakinan serta kepercayaan Yng
melandasi sikap dan perbuatan manusia dlm memecahkan masalah hidupnya.Pandangan
hidup bangsa Indonesia mendapat dukungan dari seluruh bangsa Indonesia karena
nilai2 yg terkandung didalamnya bersumber dari nilai2 yg telah hidup subur dlm
masyarakat Indonesia
FILSAFAT SEBAGAI
ILMU PENGETAHUAN---------ILMU FILSAFAT
.Ilmu & Filsafat.
“ Ketahuilah apa yg kau
tahu,dan Ketahuilah apa yg kau tdk tahu “
-
Pengetahuan → dimulai dg → rasa ingin tahu
-
Kepastian → dimulai dg → ragu2
-
Filsafat → dimulai dari
ke-dua2nya
Berfilsafat → didorong untuk mengetahui
apa yg telah kita tahu dan apa yg blm
kita tahu.
Berfilsafat berarti →* berendah hati bahwa tdk kesemuanya akan pernah kita
ketahui
dalam Kesemestaan yg seakan tdk terbatas ini.
*mengoreksi diri ,semacam keberanian
untuk berterus terang
,seberapa Jauh
sebenarnya kebenaran yg dicari yg telah kita
jangkau.
Berfilsafat ttg Ilmu berarti kita berterus terang kpd diri kita
sendiri.
-
Apakah sebenarnya yg
saya ketahui tentang Ilmu .
-
Apakah ciri2 yg hakiki
yg membedakan ilmu dari pengetahuan2
lain
yg bukan ilmu.
-
Bagaimana saya ketahui
bahwa ilmu merupakan pengatahuan yg
benar.
-
Kriteria apa yg kita
pakai dlm menentukan kebenaran.
Metode Ilmu & Obyeknya.
Setiap ilmu mempunyai obyek
Obyek : Sesuatu yg dilemparkan di depan subyek utk
disoroti,ditangkap,
dimengerti
serta dikembangkan.
Obyek material → Bahan yg disoroti atau isi dr Ilmu
Pengetahuan itu sendiri.
Obyek formal →Sudut pandang, cara melalui mana obyek material,
Ilmu pengetahuan tsb disoroti,
Diperdalam
Obyek material bisa sama antara Ilmu Pengetahuan yg satu dg yg lain ttp yg membedakan adalah obyek formalnya.
Obyek material→ manusia( Bahan yang
disoroti ).
Obyek formal → disoroti dari aspek interaksinya → sosiologi disoroti dr
aspek
biologisnya →Kedokteran , disorotidariaspek
kejiwaan → Psykologi.
Secara umum sesuatu disebut ilmu bila memenuhi syarat :
*Lengkap benar ( tdk
menimbulkan keraguan & tidak menyesatkan ).
*Sistematis ( Bag2 dibahas
secara bersama sehingga merupakan suatu sistem ).
*Koherensi ( ada kaitan antara
yg satu dg yg lain ).
*Ada nilai kegunaan (
aksiologi ).
*Bermetode ( menurut metode
dr ilmu ybs ).
Filsafat termasuk ilmu pengetahuan.
Ilmu Filsafat dibanding dengan Ilmu Pengetahuan2 yg lain perbedaannya
terdapat dlm
-
Obyek material
→ sst yg dijadikan sasaran
pemikiran atau penyelidikan
. materi atau bahan yg dihadapkan didepan
kita utk kita analisa
-
Obyek formal → Sudut pandang.sudut tinjauan,dari sisi mana kita
-
melihatnya.
-
Ilmu Filsafat.
Obyek material → Segala sesuatu yang ada.dan yg
mungkin ada yg dpt terjangkau
oleh akal pikiran mns,baik yang sifatnya fisik
maupun non fisik
Obyek formal → - Usaha untuk memperoleh pengetahuan ttg hakikat segala sesuatu
yg ada
dan yg Mungkin ada yg dpt terjangkau
oleh akal pikiran mns
Sesudah
pengetahuan semacam itu diperoleh,berusaha pula
utk merumuskan sst kebijaksanaan hdp tertentu.
Apabila kita meninjau sesuatu secara kefilsafatan berarti :
Bukan sekedar memperoleh pengetahuan mengenai
keadaan yg menyangkut
bag.lahiriah/luarnya saja. Ttp berusaha sampai
pengetahuan mengenai bagian
batiniah,atau kedalaman yg dipunyai oleh
masalah ybs.
↓
Yang demikian merupakan segi
teoritik dari filsafat sebagai ilmu pengetahuan.
Sedangkan dari segi pratiknya tampak dlm
rumusan selanjutnya yi berdasarkan
pengetahuan ttg hakikat tadi berusaha
pula untuk merumuskan sesuatu
kebijaksanaan hdp tertentu ( yg akhirnya di
terapkan dlm hdp se-hari2).
Apakah yang dimaksud hakekat ?.
Disini ada dua pandangan :
1. Sejumlah unsur dalam satu
kesatuan yg membentuk halnya atau barangnya,
yg menjadikan halnya atau barangnya menjadi
ada kalau kita kehilangan
salah
satu unsur halnya atau barangnya menjadi tdk ada, yg merupakan
inti
isi dari barang sesuatu.
2. Makna yg dianggap
terkandung dlm barang sesuatu atau arti terdalam
yg
diberikan oleh seseorang kepada barang
sesuatu tertentu.
●
Biasanya dlm dunia filsafat istilah yg diberikan kepada pengertian
pertama →
Dinamakan dengan subtansi atau Hal ini
dipandang penganut paham subtansialisme
atau paham essensialisme.
●
sedang penganut paham kedua -----disebut penganut paham relasionisme atau
paham
eksistensialisme.
●
Para penganut paham substansialisme
memandang bhw segala suatu yg ada didunia ini
sesungguhnya berdiri sendiri atau dlm hubungan
tertentu dpt dikatakan mrpk
satuan2 yg mandiri.
● Dengan demikian maka para penganut paham substansialisme.
Sekaligus
menunjukan sikap kejiwaan.
1. Segala sesuatu itu
terdiri dr hal2 yg msng2 berdiri sendiri
scr mandiri
ditinjau
dr segi inti isinya.
2. Apabila terdapat hal2 yg lain tsb yg bersangkutan paut dg inti isi
tadi,
maka hal2 yg lain tsb sesungguhnya sekedar merupakan sifat2nya
belaka atau atribut2nya
belaka
.
Secara teknik kefilsafatan sifat2/atribut2 tadi biasanya
dinamakan “ Aksidensia
“
Menurut Aristoteles kalau
kita hendak mencari hakikat harus
kita hilangkan/lepaskan
Aksidensianya
yi :
1.
Ruang
2.
Waktu
3.
Keadan
4.
Aksi
5.
Passi
6.
Relasi
7.
Kualitas
8.
Kuantitas
9.
Sikap.
Tinggallah :
Hakekatnya ( Subtansi,Esensi ).
Para penganut paham
realisionisme/eksistensialsme mempunyai
sejumlah ciri
tertentu dlm memandang atau menafsirkan
ttg hakikat
yaitu :
1. Memandang hakikat sebagi sesuatu yg bersifat
kejiwaan,yg
dlm hubungan tertentu senantiasa berada dlm
dan ditentukan oleh ruang & waktu
tertentu khususnya yg menyangkut hal2 yg terdapat didunia tempat kita hidup.
2. Karena memandang hakikat sbg makna/arti yg terdalam atau
daya guna/fungsi yg dipunyai oleh barang
sesuatu tertentu,
maka sanantiasa
memandang segala sesuatu itu tergantung
pd keadaan kepentingan atau kebutuhan yg
terdapat dalam
ruang & waktu tertentu.
3. Krn hakikat barang Sesuatu
ditafsirkan demikian,berarti bhw isi
pengertian yg dikandung didalamnya
dipandang senantiasa
dpt mengalami perubahan2 sehingga
sesuatu dg kepentingan
atau pun kebutuhan pd sesuatu
ruang dan waktu tertentu.
Apakah
yang dinamakan kebijaksanaan?
APABILA kita mengatakan “Kebijaksanaan” maka hal ini ada 2 pengertian
yg dapat dianggap terkandungdi dalamnya,yaitu
:
1.
Ketentuan yg menjadi pedoman dlm menyelesaikansst
masalah
tertentu.
2.
Hasil tindakan manusia yg menerapkan kekentuan tersebut diatas
dlm menyelesaikan sesuatu masalah
hidup tertentu.
Kebijaksanaan
yg dirumuskan itu merupakan akibat atau hasil penjabaran
dr pengertian tentang hakikat yg dipunyai oleh orang ybs.
Dg dmkn mk
para penganut pendirian pertama (
essensialisme/substansialisme ) akan
mempunyai kebijaksanaan yg
bersifat tegar dan mungkin tidak akan mau mengadakan
perubahan2 apaun juga ybs dg ketentuan2 yg
menjadi pedoman2 utk menyelesaikan
masalah2 tertentu dlm hidup ini.
Sedangkan
mereka yg menganut faham kedua (Relasionisme/Eksistensialisme
) sbg konsekuensi logisnya mempunyai
sikap kejiwaan atau kebijaksanaan yg
luwes dan senatiasa disesuaikan dg kebutuhan serta kepentingan dalam ruang dan
waktu tertentu.bahkan mereka tdk segan2 utk apbl dipandang perlu mengadakan
perubahan2 thdp ketentuan2 yg menjadi pedoman utk menyelesaikan mslh hdp.
HAKEKAT KODRAT MANUSIA
-------------------jiwa------------cipta
rasa
Susunan kodrat karsa
--------------------raga------------alamiah
Hewaniah
tumbuh2an
INDIVIDU
SIFAT KODRAT
SOSIAL
PRIBADI BERDIRI SENDIRI
KEDUDUKAN KODRAT
MAKHlUK TUHAN
Manusiawi :
-
Manusia disamping memiliki kekuatan juga dilekati kelemahan.
-
Manusia disamping mempunyai kemampuan juga
mepunyai keterbatasan.
-
Manusia disamping memiliki sifat baik juga
mempuyai sifat yang kurang baik.
Perbedaan pendidikan antara
manusia dg Binatang.
-
Manusia belajar agar berbudaya.
-
Binatang belajar untuk mempertahankan
jenis.
Manusia dpt berpikir dg baik krn dia mempunyai
bahasa
Tanpa bhs manusia tidak bisa
mengkomunikasikan pengetahuan kita kpd orang lain.
Cabang2 Filsafat yg sekarang
dikenal sbg bidang yg mempunyai
kajian formal pd pokoknya terdiri dari :
1.
Epistemologi ( Filsafat Pengetahuan ).
2.
Etika ( Filsafat Moral ).
3.
Estetika ( Filsafat seni ).
4.
Metafisika.
5.
Filsafat Politik.
6.
Filsafat agama.
7.
Filsafat Pendidikan.
8.
Filsfat Sejarah.
9.
Filsafat Sosial.
Filsafat
Ilmu pengetahuan mrpk bag dr Epistemologi,
Ilmu pengetahuan merupakan :Pengetahuan (knowledge
) yg tersusun secara
sistematis dg menggunakan kekuatan
pemikiran ( rasional ) bermetode serta
pengetahuan tsb selalu dpt diperkirakan &
ditelaah ( dikontrol ) secara kritis oleh
seseorang atau setiap orang yg ingin
mengetahuinya.
Obyek Material : Ilmu Pengetahuan.
Obyek Formal : Hakikat Ilmu Pengetahuan.
.Pengetahuan
Ilmiah pd hakekatnya mempunyai 3 fungsi :
1.
Menjelaskan.
Menjelaskan berbagai gejala alam yg memungkinkan manusia
melakukan serangkaian
tindakan utk menguasai gejala alam berdasarkan
penjelasan yg ada.
2.
Meramal.
Dg penjelasan memungkinkan kita bisa meramalkan apa yg
akan terjadi.
3.
Mengontrol.
Berdasarkan Ramalan kita melakukan upaya utk mengontrol agar ramalan itu
menjadi
kenyataan atau tidak.
Ilmu pada dasarnya merupakan kumpulan pengetahuan yg bersifat menjelaskan
berbagai
gejala alam Yg memungkinkan
manusia melakukan serangkaian tindakan
utk menguasai
gejala tsb Berdasarkan penjelasan
yg ada.
Misal:Penjelasan ,Banjir disebabkan hutan yg ditebang sampai
gundul,penjelasan
semacam ini akan memungkinkan kita
melakukan untuk mencegah timbulnya banjir,
penjelasan keilmuanmemungkinkan kita meramalkan apa yg akan terjadi dan
berdasarkan
ramalan tsb kita bisa melakukan
upaya utk mengontrol agar ramala itu menjadi kenyataan
atau tdk.Pengetahuan tentang “kaitan
antara hutan gundul dengan banjir” memungkinkan
kita bisa meramalkan
Apa yg akan terjadi sekiranya hutan2 ditebang sampai tdk tumbuh lagi,hutan2 sekiranya ada
Pengawasan,mk utk mencegah banjir kita hrs melakukan control agar
pengawasan dilakukan,
agar hutan dibiarkan tumbuh subur dan tdk mengakibatkan banjir.
Peralihan dr abad pertengahan keabad modern ditandai oleh suatu era → Zaman Renaissans.
ZAMAN RENAISANZE ADALAH:
● Zaman atau gerakan yg didukung
oleh cita2 lahirnya kembali
manusia yg bebas.
● Era kelahiran
kembali kebebasan manusia utk berpikir secara
ber-angsur2 melepaskan diri dari otoritas gereja
yg selama ini
telah mengungkung kebebasan dlm mengemukakan kebenaran
Filsafat & Ilmu Pengetahuan.
Sejak Zaman Renaissanse.
● Kebenaran ilmu pengetahuan dan filsafat
didasarkan atas kepercayaan dan kepastian
intelektual
( sikap ilmiah ), yg kebenaranya dpt dibuktikan melalui metode ,
perkiraan dan
pemikiran yg dpt diuji.
●
Kebenaran yg dihasilkan tdk bersifat tetap,ttp dpt berubah dan dikoreksi
sepanjang waktu.
PENGETAHUAN
Seni,agama dan ilmu--------itu semua adalh
pengetahuan.
Ilmu merupakan -----Sari
penjelasan alam yg sifatnya umum dan impersonal.mempelajari alam
Sbgmn adanya[das sein]dan terbatas pada lingkup pengalaman kita.
Seni ---bersifat subyektif
dan berusaha memberikan makna
sepenuh-penuhnya mengenai obyek
yg diungkapkannya.karya seni ditujukan utk
manusia ,dg harapan bhw penciptadan objek yg diungkapkannya mampu berkomunikasi yg
memungkinkan dia menangkap pesan yg dibawa
karya
seni tsb.sebuah karya seni yg baik biasanya mempunyai pesan
yg ingin disampaikan kpd kita apkh
moral,etik,maupun estetik,gagasan pemikiran
maupun politik.
Agama—memasuki daerah
penjelajahannya yg bersifat transcendental yg berada diluar pengalaman
kita---Apkh yg akan terjadi
sesudah manusia mati.
Dasar2 Pengetahuan
Pengetahuan mampu dikembangkan oleh
manusia disebabkan 2 hal :
1.
Manusia mempunyai bahasa.bahasa mampu mengkomunikasikan informasi
dan
jalan
pikiran yg melatar belakangi informasi tersebut.
2.
Manusia mampu berpikir menurut suatu alur
kerangka berpikir tertentu (
menalar ).
Penalaran →
mrpkn suatu proses berpikir dlm
menarik sesuatu kesimpulan, yang
menghasilkan → pengetahuan.Yaitu
pengetahuan yg benar
Penalaran sbg suatu kegiatan berpikir yg tujuannya
mencapai kebenaran mempunyai ciri2 sbb:
1.Kegiatan penalaran mrpkn suatu proses berpikir logis ( logika ).
2.Kegiatan
penalaran mrpkn proses berpikir yg analitik ( Analitik ).suatu kegiaatan
berpikir
berdasarkan langkah2 tertentu.
Kegiatan berpikir ada yg tdk berdasarkan
penalaran → intuisi,wahyu.
Penalaran ilmiah → pd hakekatnya mrpkn
gabungan dr penalaran deduktif dan induktif.
BAHASA
Keunikan manusia → terletak
kemampuanya
↓
Berbahasa
→ sarana berpikir ilmiah.
Animal symbolicum
↓
Manusia
dalam berpikir menggunakan → Symbol.
-
Tanpa
mempunyai kemampuan berbahasa mk kegitan berpikir secara sistematis dan teratur tdk mungkin dilaksanakan.
-
Tanpa bahasa hilang kemampuan utk meneruskan
nilai2 budaya dr generai yg satu ke generasi selanjutnya.
Perbedan utama
manusia dan binatang
* Terletak pada kemampuan
manusia untuk mengambil jalan melingkar dlm mencapai tujuannya.
*Seluruh pikiran binatang
dipenuhi kebutuhan yg mendorongnya untuk secara langsung memperoleh obyek yg
diinginkan atau membuang benda yg menghalanginya.
*Manusia adlh---HOMO
FABER {makhluk yg membuat alat]
*Binatang tdk diberkahi
bahasa yg sempurna,mk binatang tdk bisa berpikir dg baik
dan
mengakumulasikan pengetahuannya lewat proses komunikasi
,seperti manusia mengembangkan ilmu.mungkin
saja terdapat genius diantara para gorila,
krn mereka tdk mempunyai bhs mk buah fikiran dan
penemuan jenius tdk tercatat
dan
hilang begitu saja.
*Binatang memiliki
pengetahuan ,tp terbatas utk mempertahankan jenis.
Binatang mampu berkomunikasi dengan
binatang lainnya namun hal ini terbatas selama obyek
yg
dikomunikasikan itu berada secara factual waktu proses komunikasi itu
dilakukan.
*Manusia dpt berfikir
mengenai obyek tertentu meskipun obyek tsb secara factual tdk berada
dimana
kegiatan berfikir dilakukan.
Bhs memungkinkan manusia
berfikir secara abstrak dimana obyek2 faktual ditransformasikan
menjadi symbol2 bhs yg
bersifat abstrak.
Apa sebenarnya
yg dimaksud bahasa ?
Linguistik modern
mengembangkan suatu pengertian:
Bahasa merupakan suatu system tanda atau symbol yg mempunyai
makna ,
yg merupakan sarana komunikasi manusia.
BAHASA
MENGKOMUNIKASIKAN 3 HAL:
1.
Buah pikiran → Simbolik
2.
Perasaan
→ emotif
3.
Sikap →
affektif.
Fungsi simbolik →
Komunikasi Ilmiah.
Fungsi Emotif →
Komunikasi estetik.
Komunikasi dg
mempergunakan bhs akan mengandung unsur simbolik dan emotif.
Dlm komunikasi ilmiahsebenarnya
hrs terlepas dr unsure emotif,agar pesan yg disampaikan
Bisa diterima secara
reproduktif.tp prakteknya sukar dilaksanakan.
Penggunaaan bahasa:
“Makana sebuah kata adalah tergantung penggunaannya dlm suatu
kalimat,makna kalibat tergantung penggunaannya dlm bhs,sedang makna bhs adlh
tergantung penggunaannya dlm hidup”
SUMBER
PENGETAHUAN
Kebenaran---adlh
pernyataan tanpa ragu
Pada dasarnya terdapat 2
cara yg pokok bagi manusia utk mendapatkan pengetahuan yg benar.
1.yg mendasarkan pada rasio,disebut faham rasionalisme---dg
menggunakan merode deduktif dlm
Menyusun ilmu
pengetahuan.
2.yg mendasarkan pada pengalaman.,disebut faham
empirisme.---dg menggunakan metode
Induktif,dlm
menyusun Ilmu pengetahuan.
Aliran filsafat
Rasionalisme berpendapat :
Sumber pengetahuan yg
memadai dan dapat dipercaya adalah akal (ratio).
·
Hanya pengetahuan yg diperoleh melalui akal
lah yg memenuhi syarat yg dituntut oleh
sifat umum dan hrs mutlak, yi syarat yg
dituntut oleh semua pengetahuan ilmiah.
·
Sedangkan Pengalaman hanya dpt dipakai utk
mengukuhkan kebenaran pengetahuan yg telah diperolah melalui akal.
·
Akal tidak memerlukan pengalaman dlm meperoleh pengetahuan yg benar,krn akal dpt
menurunkan kebenaran itu dr dirinya.
Metode yg dipakai
→ Metode deduktif.
Premis yg dipakai dlm
penalaranya → didapatkan dari ide yg
menurutnya jelas dan dpt diterima.
Ide bukan ciptaan pikiran
manusia.Prinsip ini sdh ada jauh sebelum mns berusaha memikirkan.
Fungsi pikiran hanya
mengenali → bersifat apriori dan dpt diketahui oleh mns lewat kemampuan
berpikir rasionalnya.
Rationalisme → dg pemikiran deduktifnya sering menghasilkan
kesimpulan yg benar dr alur2
logikanya namun ternyata sangat bertentangan
dg kenyataan yg sebenarnya.
Penjelasan yg bersifat
Rasional dg kriteria kebenaran koherensi tdk memberikan kesimpulan
yg bersifat final, sebab sesuai dg hakikat
rasionalisme yg bersifat “Pluralistik”
Empirisme.
Sumber
pengetahuan yg memadai adalah” Pengalaman”
yg
dimaksud pengalaman disini ialah
pengalaman lahir yg menyangkut dunia dan pengalaman batin yg menyangkut pribadi manusia.sedang akal hanya berfungsi
dan bertugas utk mengatur dan mengolah bahan2 atau data yg diperoleh melalui
pengalaman.Pengetahuan mns bukan didapatkan lewat penalaran rasionalyg
abstrak,namun lewat pengalaman yg konkrit.
MMasalah utama yg timbul dlm penyusunan
pengetahuan secara empiri ialah bhw pengetahuan yg dikumpulkan itu cenderung
menjadi suatu kumpulan fakta2.kumpulan tsb blm tentu bersifat konsisten dan
mungkin saja terdpt hal2 yg bersifat kontradiktif.kaum empiri menganggap dunia
fisik adlh dunia nyata krn merupakan gejala yg tertangkap dg indera.
LANDASAN
PENGEMBANGAN ILMU
!
ONTOLOGI-----------------EPISTEMOLOGI-----------------------AKSIOLOGI
! !
!
APA BAGIMANA UNTUK APA
! !
!
REALITAS----------------METODOLOGI-----------------------------TUJUAN/NILAl
Tiga landasan ilmu
1,Ontologi.-----------HAKIKAT APA
YG DIKAJI
Batas penjelajahan ilmu---ilmu
penjelajahannya pada pengalaman mns dan berhenti dibatas pengalaman manusia.
MENGAPA
ILMU HANYA MEMBATASI PENJELAJAHANNYA DIBATAS PENGALAMAN MNS?
1.Terletak
pada fungsi ilmu dlm kehidupan mns.sbg alat pembantu mns dlm menanggulangi
masalah2 yg dihadapi se-hari2
2.Metode yg dipergunakan
menyusun ilmu yg telah dibuktikan secara empiri,sekiranya ilmu memasukkan
daerah diluar pengalaman empiri,bgmn kita melakukan pembuktian secara
metodologis.
3.Obyek
yg dipergunakan dlm batas pra pengalaman dan pasca pengalaman diserahkan
ilmu kepd pengetahuan lain,objek apa yg
ditelaah ilmu dibatas pengalaman mns.
ILMU TANPA [BIMBINGAN
MORAL ] AGAMA ADALAH BUTA,
Kebutaan moral dari ilmu mungkin akan membawa kemanusiaan kejurang mala
petaka. Dlm menetapkan obyek penelaahan ,kegiatan keilmuan tdk boleh melakukan
upaya yng bersifat:*Merubah kodrat manusia.
*Merendahkan
martabat manusia
*Mencampuri
masalah kehidupan
Obyek apa yg ditelaah ilmu?
Bgmn ujud yg hakiki dr obyek tsb?
Bgmn hubungan antara obyek tadi
dg daya tangkap manusia?
RUANG PENJELAJAHAN ILMU
KEMUDIAN MENJADI ’kapling2’
BERBAGAI DISIPLIN ILMU.
Kapling ini
makin lama makin sempit sesuai dengan perkembangan kwantitatif disiplin
keilmuan.
*Fase permulaan hanya ada:
-Natural
philosophy---------ilmu2 alam
-Moral
philosophy----------ilmu2 sosial
Dewasa ini terdapat lebih dari 650 cabang
Mengenai
batas kapling ini ,disamping menunjukkan kematangan keilmuan kita ,juga
dimaksudkan agar kita mengenal tetangga yang
lain------multidisipliner.artinya harus
jelas
bagi semua dimana disiplin seseorang itu berhenti dan dimana disiplin orang
lain mulai.
EPISTEMOLOGI
[CARA MENDAPATKAN PENGETAHUAN
YANG BENAR]
Pembahasan bagaimana cara kita mendapatkan
pengetahuan?
-Apakah
sumber2 pengetahuan?
-Apakah
hakekat dan jangkauan dan ruang lingkup pengetahuan?
-Apakah
manusia dimungkinkan untuk mendapatkan pengetahuan?
-Sampai
tahap mana pengetahuan yang mungkin untuk ditangkap manusia?
METODE ILMIAH---merupakan prosedur
dalam mendapatkan pengetahuan ilmiah.
-ilmu merupakan pengetahuan yag didapat lewat
metode ilmiah
-ilmu merupakan pengetahuan yang cara mendapatkannya harus
memenuhi Syarat2 tertentu.
METODE APRIORI
-Segenap ilmu pengetahuan
haruslah didasarkan atas kepastian2 yang tidak dapat
diragukan Lagi kebenarannya,yang
secara langsung dapat dilhat oleh akal pikiran.
-Dengan menggunakan
metode semacam ini seolah-olah sudah mengetahui segala
gejala secara pasti meskipun kita belum mengetahui segala
gejala secara pasti,meskipun
kita belum mempunyai pengalaman inderawi
,mengenai hal2 yang kemudian tampak
sebagai gejala2 itu.
METODE APOSTERIORI
-Metode
yang berdasarkan atas hal2 yang datang atau terjadinya atau adanya kemudian
sesudah
Pengalaman.
KARAKTERISTIK PENGETAHUAN ILMIAH-----sifat rasional dan teruji.
METODE ILMIAH BERUSAHA
MENGGABUNGKAN “deduktif
dan induktif “ dalam
membangun
tubuh pengetahuan.
Berpikir deduktif: memberikan sifat yang
rasional kepada pengetahuan ilmiah dan
bersifat konsisten dengan pengetahuan yang
telah dikumpulkan sebelumnya.
Penjelasan
rasional ini dengan criteria kebenaran koherensi tdk memberikan kesimpulan
yang bersfat final,sebab sesuai dengan hakekat
rasionalisme yang bersifat
pluralistic,maka dimungkinkan disusunnya
berbagai penjelasan terhadap suatu obyek
pemikiran tertentu.
Oleh sebab itu perlu pula dipergunakan pula cara berpikir induktif
berdasar criteria
kebenaran korespondensi.
KRITERIA KEBENARAN.
1.Teori koherensi.
Suatu
pernyataan dianggap benar bila pernyataan tersebut bersifat koheren atau
konsisten dengan Pernyataan2 sebelumnya yang
dianggap benar.
2.Teori korespondensi.
Suatu
pernyataan dianggap benar sekiranya materi yang terkandung dalam pernyataan
Tersebut Bersesuaian dengan obyek factual yang
dituju oleh pernyataan tersebut.
Suatu
pernyataan dianggap benar bila terkandung fakta2 empiri yang mendukung
pernyataan tersebut.
PROSES
KEGIATAN ILMIAH DIMULAI KETIKA MANUSIA MENGAMATI SESUATU,
-mengapa
manusia mulai mengamati sesuatu?kita mulai mengamati obyek tertentu kalau
kita
Mempunyai perhatian tertentu pada obyek tsb.perhatian pada obyek
tsb dinamakan
Sebagai
suatu”masalah”.Karena ada masalah maka proses kegiatan berpikir dimulai.
Dan karena masalah tsb berasal dari dunia
empiri,maka proses berpikir tsb diarahkan pada
Pengamatan obyek ybs,yg
bereksistensi pada dunia empiri juga.
-Karena
yang dihadapi nyata maka ilmu mencari jawabannya pada dunia nyata pula.
Ilmu dimulai dengan fakta dan diakhiri dengan
fakta.
TEORI:Merupakan penjelasan
mengenai gejala yang terdapat dalam dunia fisik.
Merupakan suatu abstraksi intelektual dimana pendekatan secara rasional
Digabungkan dengan pengalaman empiri
Merupakan penjelasan rasional yang
bersesuaian dg obyek yang dijelaskan.
Suatu penjelasan ,biar bagainamapun
meyakinkan ,tetap harus didukung oleh
fakta empiri untuk bisa dikatakan benar.
Sebuah teori biasanya terdiri dari
hukum2.mis: dlm teori ilmu ekonomi kita mengenal hokum
permintaan dan
penawaran.Hukum pada hakekatnya merupakan pernyataan
yg menyatakan hubungan antara 2 variabel atau lebih dlm
suatu kaitan sebab akibat.
Disinilah pendekatan rasional digabungkan
dengan pendekatan empiri.----inilah yg disebut
dengan “metode ilmiah”
SEMUA TEORI ILMIAH HARUS MEMENUHI
2 SYARAT.
1.Harus konsisten dengan teori sebelumnya yang memungkinkan tidak terjadi
kontradiksi dalam teori keilmuan
secara keseluruhan.
2.Harus cocok dengan
fakta2 empiri ,sebab teori bagaimanapun
konsistennya kalau tdk
didukung oleh pengujian empiri tdk dpt
diterima kebenarannya secara ilmiah.
SEBELUM TERUJI KEBENARANNYA SECARA EMPIRI SEMUA PENJELASAN RASIONAL YANG
DIAJUKAN SIFATNYA
HANYA SEMENTARA,HANYA MERUPAKAN SUATU
“HIPOTESA”
HIPOTESIS
--Merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap
Permasalahan yang sedang kita hadapi.
-Berfungsi sebagai penunjuk jalan yang
memungkinkan kita
Untuk mendapatkan jawaban,yang membantu
kita dalam melakukan penyelidikan.
Dengan adanya jembatan
berupa penyusunan hipotesis maka metode ilmiah sering dikenal sebagai proses:LOGIKO-HYPOTETIKO –VERIFIKASI”Perkawinan
kesinambungan antara
“deduksi dan induksi”
Proses induksi
–mulai memegang peranan dalam tahap verifikasi atau pengujian
hipotesa dimana dikumpulkan fakta2 empiri
untuk menilai apakah sebuah hipotesa didukung oleh fakta atau tidak.
-Penelitian ilmiah
menjadi sangat mahal yang disebabkan bukan penyusunan
teorinya melainkan dalam pembuktiannya ,
-Pembuktian inilah yang
memberi vonis terhadap teori ilmiah apakah pernyataan2 yang dikandungnya dapat
diterima atau tdk secara ilmiah.
Seorang ilmuwan
pada mulanya bersikap skeptic”JELASKAN KEPADA SAYA DAN
BERIKAN BUKTINYA”
*Pertama Ia memerlukan
penjelasan yang masuk akal dan tidak bersifat kontradiktif
Dengan pengetahuan ilmiah
yang telah diketahuinya
*Setelah itu minta
pembuktian sebab konsistensi secara logis saja baginya tdk cukup
,dia menghendaki verfikasi secara
empiri.baru setelah penjelasan itu
ternyata
didukung fakta2 dalam dunia fisik yang nyata
maka dia akan percaya.
Jadi secara sederhana
proses berfikir seorang ilmuwan sebagai sesuatu yang dimulai
dengan ragu2 dan diakhiri
dengan percaya atau tdk percaya.
KERANGKA
BERPIKIR ILMIAH YANG BERINTIKAN PROSES :LOGIKO-HYPOTETIKO-VERIVIKATIF.
1.Perumusan
masalah
Merupakan pertanyaan mengenai obyek empiri
yang jelas batas2nya ,serta dapat
diindentifikasikan faktor2 yang terkait didalamnya
2.Penyusunan kerangka
berpikir dalam pengajuan hipotesis yang merupakan
argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin
terdapat antara
berbagai factor yang
saling mengkait dan membentuk konstelasi permasalahan.
kerangka berpikir ini
disusun secara rassional berdasarkan premis2 ilmiah yang
teruji kebenarannya dengan memperhatikan
faktor2 empiris yang relevan dengan permasalahan.
3.Perumusan hipotesis,
Merupakan jawaban
sementara atau dugaan jawaban pertanyaan yang diajukan
yang materinya merupakan kesimpulan dari
kerangka berpikir yang dikembangkan.
4.Pengujian
hipotesis.Merupakan pengumpulan fakta2 yang relevan dengan
hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan
apakah terdapat fakta2 yang
mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
5.Penarikan kesimpulan
Merupakan
penilaian apakah sebuah hipotesa yang diajukan itu ditolak atau
diterima
PENDEKATAN
AKSIOLOGIS.
-Untuk apa pengetahuan yg berupa ilmu itu
dipergunakan?
-Bagaimana kaitan antara cara penggunanaan ilmu dg
kaidah2 moral?
-Bagaimana penentuan objek yg ditelaah berdasarkan
pilihan2 moral?
-Bagaimana kaitan antara
tehnik procedural yg merupakan
operasionalisasi metode ilmiah
dg norma moral/professional.
Perkembangan ilmu
pengetahuan mau tdk mau pada akhirnya berhadapan dengan matra etis.
Pertama,dlm diri para ilmuwanyg sedang mengembangkan
ilmumodern dan sibuk
merancang
cara2 penerapan hasil ilmu2 itu.
Kedua,dlm diri kebanyakan org yg hidup dlm dunia
modern,yg mau tak mau secara
mendalam
dipengaruhi dan dikuasai oleh hasil perkembangan IPA dan teknologi modern tsb.
Para ilmuwan kerap kali
mengalami konflik batin dg dampak dr penerapan hasil2 penelitian
mereka.
Mis;ahli genetika dan bio medika disini prinsip iptek “
lakukan apa saja yg sejauh
Mungkin dilakukan “ berhadapan dg prinsip “lakukan sesuatu
asalkan makin
Meningkatkan kemanusiaan“
Secara nyata yg paling
menampakkan diri dan paling mengancam kehidupan dan
keamanan adlh:
-bidang lomba persenjataan
-kemajuan dlm memakai dan menghabiskan banyak kekayaan
bumi yg tak dpt diperbarui lagi
-kemajuan dlm ilmu kedokteran y6g mengubah batas2 paling
pribadi dlm hidup mns.
-perkembangan ekonomi yg mengakibatkan melebarnya jurang
kaya dan miskin.
Penggunaan
pengetahuan ilmiah mempunyai asas moral tertentu.
Pada dasarnya
ilmu hrs digunakan dan dimanfaatkan utk kemaslahatan umat manusia,dlm
hal ini ilmu dpt dimanfaatkan sbg sarana atau
alat dlm meningkatkan taraf hidup mns dg memperhatikan:
-Kodrat mns.
-Martabat mns.
-kelestarian/keseimbangan alam.
Untuk kepentingan manusia maka pengetahuan
ilmiah yG diperoleh
dan
disusun dipergunakan secara komunal dan universal.
*komunal---Ilmu merupakan
pengetahuan yg menjadi milik bersama ,setiap orang berhak memanfaatkan ilmu menurut kebutuhannya,sesuai
dg asas komunisme.
*Universal—Ilmu tdk mempunyai
konotasi parochial seperti ras,ideology atau agama.
Dihadapkan dg masalah moral,dlm menghadapi ekses iptek yg
kadang2 bersifat
merusak ini para ilmuwan terbagi dlm 2 golongan pendapat:
1.Gol,yg menginginkan ilmu hrs bersifat netral dr nilai2 baik itu secara
ontologis
maupun aksiologis.
2.Gol.yg berpendapat bahwa netralitas ilmu terhadap nilai2 hanyalah
terbatas pada
metafisik keilmuan,sedangkan
dlm hal penggunaannya,bahkan pemilihan objek penelitian,
mk kegiatan keilmuan hrs
berlandaskan asas moral.
Golongan 1 ingin melanjutkan tradisi kenetralan ilmu.
Golongan 2 ingin mendasarkan pendapat pada beberapa hal:
1.Ilmu secara factual
telah dipergunakan secara destruktif oleh mns yg dibuktikan
dg adany Dua perang dunia yg
menggunakanteknologi2 keilmuan.
2.Ilmu telah berkembang
dg pesat dan makin banyak isoterik shg kaum ilmuwan
lebih
mengetahui Ttg ekses2 yg mungkin terjadi
penyalah gunaan.
3.Ilmu telah berkembang sedemikian rupa dimana
terdapat kemungkinan bahwa ilmu
dpt Mengubah manusia dan kemanusiaan yg paling
hakiki seperti pada kasus
revolusi genetika dan tehnik perubahan social.
Berdasarkan ketiga hal ini mk golongan kedua berpendapat:
“Secara moral ilmu harus ditujukan untuk kebaikan
umat mns tanpa merendahkan
martabat mns atau mengubah hakikat mns”
penciptaan mns itu sendiri.Jadi ilmu bukan saja menimbulkan gejala
dehumanisasi[i]
namun bahkan kemungkinan mengubah
hakikat kemanusiaan itu sendiri,dengan perkataan lain ,ilmu bukan lagi
merupakan sarana yg membantu manusia
mencapai tujuan hidup namun kemungkinan mengubah hakikat kemanusiaan
itu sendiri.
REVOLUSI GENETIK
Revolusi genetika merupakan babakan baru dalam sejarah
keilmuan manusia sebab seblm
ini ilmu tdk pernah menyentuh manusia sebagai obyek penelaahan
itu sendiri.Dengan
penelitian genetika maka masalahnya menjadi
Sangat lain,kita tdk lagi menelaah organ2 mns dan upaya utk menciptakan
Teknologi Yg memberikan kemudahan
bagi kita,melainkan mns itu sendiri skrng
menjadi obyek penelaahan yg akan
menghasilkan bukan lagi teknologi yg memberi kemudahan,melainkan teknologi yg
mengubah mns itu sendiri.Apkh perubahan2
yg dilakukan secara moral dpt
dibenarkan
Jawaban mengenai hal ini hrs dikembalikan kpd hakikat ilmu itu sendiri.
Sekiranya kita mampu membikin mns yg IQ nya 160,apkh ilmu bisa memberikan
jaminan
Dia akan bahagia? Apkh memperlakukan mns sbg kelinci percobaan dpt
dipertanggung jawabkan secara moral?
Dewasa ini ilmu bahkan sdh berada diambang kemajuan yg mempengaruhi reproduksi dan
penciptaan mns itu sendiri.Jadi ilmu bukan saja menimbulkan gejala
dehumanisasi[1]
namun bahkan kemungkinan mengubah
hakikat kemanusiaan itu sendiri,dengan perkataan lain ,ilmu bukan lagi
merupakan sarana yg membantu manusia
mencapai tujuan hidup namun kemungkinan mengubah hakikat kemanusiaan
itu sendiri.
REVOLUSI GENETIK
Revolusi genetika merupakan babakan baru dalam sejarah
keilmuan manusia sebab seblm
ini ilmu tdk pernah menyentuh manusia sebagai obyek penelaahan
itu sendiri.Dengan
penelitian genetika maka masalahnya menjadi
Sangat lain,kita tdk lagi menelaah organ2 mns dan upaya utk menciptakan
Teknologi Yg memberikan kemudahan
bagi kita,melainkan mns itu sendiri skrng
menjadi obyek penelaahan yg akan
menghasilkan bukan lagi teknologi yg memberi kemudahan,melainkan teknologi yg
mengubah mns itu sendiri.Apkh perubahan2
yg dilakukan secara moral dpt
dibenarkan
Jawaban mengenai hal ini hrs dikembalikan kpd hakikat ilmu itu sendiri.
Sekiranya kita mampu membikin mns yg IQ nya 160,apkh ilmu bisa memberikan
jaminan
Dia akan bahagia? Apkh memperlakukan mns sbg kelinci percobaan dpt
dipertanggung jawabkan secara moral?
Comments