DAFTAR PUSTAKA.                 
                   PENDIDIKAN PANCASILA                               
Landasan DAN TUJUAN  Mempelajari Pancasila
          HUBUNGAN PEMBUKAAN UUD 1945 DENGAN BATANG TUBUH UUD 1945
1.Kaelan,2002 ,Pendidikan Pancasila,Paradigma Yogyakarta
2.Tukiran Tanireja dkk,2011,Pendidikan pancasila untuk mahasiswa,alfa beta,Bandung
3.Noto nagoro,1980,Pancasila secara ilmiah populer,Pancuran tudjuh,Jakarta
4.Bakry,N,M.,1985,Pancasila yuridis kenegaraan,BPFH UII                                                                    
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
LANDASAN HISTORIS PENDIDIKAN PANCASILA.
       Bangsa Indonesia terbentuk melalui proses sejarah yang cukup
 panjang,sejak zaman Kutei,sriwijaya,majapahit,sampai datangnya penjajah
 bangsa lain yang menjajah serta menguasai bangsa Indonesia.beratus ratus
 tahun bangsa Indonesia berjuang untuk menemukan jati dirinya.
       Setelah melalui suatu proses yg cukup panjang bangsa indonesia menemukan
 jati dirinya,yg didalamnya tersimpul ciri khas  sifat dan karakter bangsa yg berbeda
dg bangsa lain.yg oleh para pendiri Negara dirumuskan,yg diberi nama-----PANCASILA.
       Jadi secara historis nilai yg terkandung dlm setiap sila PANCASILA sebelum
 dirumuskan dan disyahkan menjadi dasar Negara secara historis telah dimiliki
oleh bangsa Indonesia.                                                              
       Atas dasar pengertian dan alasan historis inilah maka sangat penting
 generasi penerus terutama para intelektual kampus untuk mengkaji,
 memahami dan mengembangkan berdasar kan pendekatan ilmiah,mengenai
 nilai2 sila2 Pancasila.                                                                 

LANDASAN KULTURAL.
Setiap Bangsa didunia dlm hidup   
-       Bermasyarakat }  memiliki : ● Pandangan hidup
-       Berbangsa }                             ● Filsafat hidup
-       Bernegara }                              
                  Agar tdk terombang – ambing dlm  kancah Pergaulan Internasional
Setiap Bangsa → Memiliki ciri khas serta pandangan hdp yg berbeda dg
                               bangsa lain.
Bangsa Indonesia→ mendasarkan pd→ Pancasila
                                                                          
                                   Merupakan   hasil  karya  besar   bangsa Indonesia
Yg diangkat dr → Nilai2 kultural yg dimiliki bangsa Ind.Sendiri.
Melalui Refleksi Filosofis → para pemimpin bangsa Indonesia.
Karya bangsa Indonesia Sejajar dg karya besar bangsa lain
 adalah : Hasil Pemikiran tentang Bangsa dan Negara yg medasarkan
  pada → Pandangan hidup.
Suatu prinsip nilai yg tertuang dlm → Pancasila. 
Oleh karena itu :
    - Para generasi penerus bangsa terutama para Intelektual kampus
                                                                               
      Sudah seharusnya untuk  mendalami secara dinamis,dlm arti
      mengembangkan sesuai dg tuntutan zaman.
LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN PANCASILA.
     1.Pembukaan UUD 1945.
     2.UUD RI no.20 th 2003----ttg sisdiknas.
3.S.E DIRJENDIKTI no. 06/D/T/2010 perihal penyelenggaraan
 perkuliahan   pendidikan Pancasila.
Tujuan Mempelajari Pancasila
1.  Ingin mengetahui Pancasila yang syah dan benar yg dpt dipertanggung
      Jawabkan.  
     Baik secara  yuridis konstitusional maupun secara obyektif ilmiah.
2.  Menghayati dan mengamalkan Pancasila.
3.  Mengamankan Pancasila.
4.  Memecahkan masalah2 Sosial yg timbul sesuai dg nilai2 Pancasila.

Mengetahui PS yg dpt dipertanggung jawabkan secara yuridis Konstitusional :
-       Krn Pancasila adalah sbg→ Dasar Negara oleh krn itu tdk boleh setiap
 org,setiap golongan memberikan penafsiran menurut pendapatnya
 sendiri2 dlm hal ini hrs melalui suatu consensus Nasional,artinya harus
 dibicarakan di dlm lembaga2 negara.                 
                                                                                  
Syarat2 pengetahuan Ilmiah
1.   Mempunyai obyek
Obyek material→ Tata Cara Hidup Manusia khususnya manusia Indonesia
Obyek Formal→ Rumusan Pancasila Beserta Penjabarannya.
2.Bermetode
     Metode→ Suatu cara untuk mencapai suatu tujuan.
     - Suatu cara untuk mencari persesuaian antara obyek formal dengan
       obyek   materialnya sehingga mencapai kebenaran.
    “Analitiko- Sintesis” → yaitu dengan cara menganalisa rumusan2 yg ada
    untuk   dibuktikan  kebenarannya terhadap kehidupan se-hari2 dan dari
    penelitian tiap fakta disintesakan untuk dirumuskan secara umum,
    dipakai sebagai  pedoman hidup.
3.    Harus bersistem
  Sistem : Suatu struktur yang bagian2nya saling berhubungan secara
  fungsional  Guna  mencapai suatu  tujuan.
   4. Universal
      Kebenaran yg dicapai dari Persesuaian beserta rumusanya harus bersifat
      Umum  Atau obyektif
           Mengetahui Ps yg syah dan benar yg dpt dipertanggung jawabkan secara
    Obyektif Ilmiah :  - Krn Ps merupakan  faham filosofis, mk uraiannya
 hrs logis dan dpt diterima akal sehat artinya memenuhi syarat2
 pengetahuan ilmiah.


                                                                               

Empat Pertanyaan Ilmiah
   1.   Bagaimana → Pengetahuan Diskriptif
       - Kita mencari keadaan dan sifat2 dari halnya.
       - Melihat dan menganalisa secara logis tentang keadaan serta sifat2 yg    
         Berhubungan dengan rumusan2 Ps serta menganalisa bentuk susunannya.
   2.   Mengapa → Pengetahuan causal mencari asal muasal dari halnya.
         Mengapa hanya Ps yg dipakai sebagi pandangan hidup bukan yg lain.
   3.   Kemana → Pengetahuan normatif
         Berhubungan dengan Norma/Ukuran.
         Hal2 yg Selalu Terjadi                                    
                   
             Kebiasaan
                   
               Norma
  4. Apa. →  Pengetahuan Essensial
     Mencari inti mutlak atau hakekat.

Bentuk dan susunan pancasila
Pancasila susunannya majemuk tunggal mrupakan satu kesatuan yg bersifat
 organis
       Yaitu terdiri dr bagian2 yg tdk terpisahkan,dlm hal kesatuan itu masing2
bagian Mempunyai kedudukan dan fungsi tersendiri,yg meskipun
 berbeda tdk      saling   bertentangan akan tetapi saling melengkapi,
bersatu untuk terwujudnya keseluruhan Dan keseluruhan membina
 bagian2 .maka tdk boleh satu
silapun ditiadakan,Merupakan satu kesatuan keseluruhan..
Susunan pancasila adlh hirarkhis dan mempunyai
 bentuk piramidal
       Kalau dilihat dr inti isinya,urut2an lima sila pancasila menunjukkan suatu
       rangkaian tingkat dalam hal luas [kuantitas ],dan juga dlm hal isi sifat[kualitas],
 Tiap sila yg diatas atau dimuka menjadi basis sila2 dibawahnya atau
 dibelakangnya,
tiap sila   dibelakang sila lainnya,merupakan pengkhususan,atau penjelmaan                                
 sila2 diatasnya Atau dimukanya.
Luas dan isi pengertian [berbanding secara terbalik]
       -Semakin banyak isi sifatnya[kualitasnya],semakin sempit kuantitasnya[luasnya]
       -semakin sedikit isi sifatnya [kualitasnya],semakin luas kuantitasnya[luasnya]
Contoh: - manusia
              -Manusia indonesia           
              -Manusia Indonesia mhs         
              -Manusia Indonesia mhs,UNSOED,FAK. EKONOMI
RUMUSAN BENTUK DAN SUSUNAN PANCASILA YANG HIRARKHIS
 PIRAMIDAL
         SILA 1,Meliputi ,menjiwai,mendasari –sila ke 2 sampai dg ke 5
         SILA 2.Meliputi,menjiwai,mendasari --  sila ke 3 sampai dg ke 5
                      Diliputi,dijiwai didasari- sila 1
            SILA 3.Meliputi menjiwai ,mendasari –sila ke 4 sampai dg ke 5
                    Diliputi dijiwai,didasari,-sila ke 2 dan sila 1
         SILA 4.Meliputi menjiwai mendasari,-sila ke 5
                     Diliputi, dijiwai,didasari,-sila ke 1 sampai dg ke 3
         Sila 5.Diliputi,dijiwai,didasari sila –sila ke 1 sampai dg ke 4


FILSAFAT DPT MEMPUNYAI BEBERAPA PENGERTIAN:
          1.Filsafat sebagai pandangan hidup.
          2.Filsafat sebagai sebuah pemikiran kefilsafatan.
          3.Filsafat sebagai ilmu,ilmu filsafat
FUNGSI DAN PERANAN PANCASILA
Pancasila sebagai PANDANGAN HIDUP
-Kristalisasi dr nilai2 dan norma2,yg dimiliki oleh suatu bangsa, yg telah
 diyakini
 akan kebenarannya     dan menimbulkan tekad utk mewujudkannya
        -Pendirian keyakinan,serta kepercayaan yg melandasi sikap dan perbuatan  
  Manusia dlm memecahkan masalah hidupnya.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa memperoleh dukungan seluruh
 rkyt Indonesia,krn sila2nya secara keseluruhan,merupakan inti sari dr nilai2
 budaya masyarakat Indonesia.
TIGA  MASALAH POKOK HIDUP MANUSIA
                                                       2.TUHAN
1.DIRI SENDIRI                                                                                                                                                                                       3.SGL SESUATU DILUAR DIRI MNS                             
 -MASY. BANGSA,NEGARA
                                                                         -alam lingkungan
Filsafat-Proses pemikiran
        Pemikiran ,perenungan,yg dilakukan secara sadar,sistematis,menyeluruh,mendasar,
        Terhadap hakekat alam semesta raya ini dimana manusia itu hidup,tujuannya
         mencari hikmah kebenarandan arif kebijaksanaan
Ilmu filsafat:Ilmu pengetahuan yg berusaha mencari hakekat sgl sesuatu yang ada dan yg
        mungkin ada yang dpt terjangkau oleh akal pikiran manusia baik yg sifatnya fisik maupun
        non fisik,dan berdasarkan hakekat tersebut kita berusaha utk  menetapkan suatu
        kebijaksanaan  hidup tertentu. 
IDEOLOGI:-Kesatuan gagasan2 dasar yg sistematis,menyeluruh mendasar,
       Tentang kehidupan,baik individu,social,dan kenegaraan.Merupakan
        konsep dasar tentang kehidupan  mns yg ideal atau yg di cita2kan
        dan berisi cara utk menuju,yg di cita2kan
Ideologi berisikan:
         -Ajaran,doktrin, teori, ilmu yg diyakini kebenarannya,nilai yg mendasar
          dan   Mendalam.Disusun secara sistematis,menyeluruh,membentuk kebulatan dan
           diberi petunjuk  Pelaksanaannya.
         -mendasari kehidupan bersama suatu kelompok masyarakat,atau
          golongan atau bangsa.
           Bersifat khas,bila tdk waspada akan menjadi kaku,beku tak
           berubah.
IDEOLOGI TERBUKA
Ideologi yg bisa berinteraksi dg perkembangan jaman ,dan adanya
 dinamika secara  Internal keterbukaan ideologi pancasila bukanlah
 berarti merubah nilai2 dasarnya ,namun mengeksplisitkan wawasannya
 secara lebih konkrit ,shg mempunyai kemampuan yg lebih reformatif
untk memecahkan masalah2 aktual yg senantiasa berkembang seiring
 aspirasi rkyt dan perkembangan iptek,asal saja tdk menyimpang dr
 nilai dasarnya





 MENURUT DR. ALFI\AN:
Suatu ideology akan kuat sepanjang masa apabila didalamnya
 mengandung 3 dimensi
 1Dimensi  realita
  Suatu ideologi akan kuat sepanjang masa apabila  nilai2 yang
  terkandung  didalamnya bersumber dr nilai2 yg telah hidup
  subur  dlm masyarakat        
     2.Dimensi idealisme.
      Ideology perlu mengandung cita2 yg ingin diwujudkan dlm
      berbagai bidang  Kehidupan
     3.Dimensi fleksibilitas
       Memungkinkan berkembangnya pemikiran2 baru tentang
       idelogi tsb .
       dalam hal  Ini akan dpt memelihara makna dan relevansinya,
       tanpa kehilangan hakekatnya
.PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA.
     [Yuridis konstitusional]
-norma dasar yg imperative
-BERFUNGSI SEBAGAI DASAR UNTUK MENGATUR
PENYELENGGARAAN NEGARA.
-Sebagai sumber dr sgl sumber hukum
      Setiap peraturan  perundang-undangan dan setiap
      kebijaksanaan  pemerintah dan lain2,  tdk boleh bertentangan
     dg nilai2 pancasila



.ASAL MULA PANCASILA SEBAGAI DASAR FILSAFAT NEGARA
Teori causalitas dr ARISTOTELES
1.causa materialis [sebab berupaBAHAN]
2.causa formalis[sebab berupa bentuk]]
3.causa finalis[sebab berupa tujuan]
4.causa effisien[sebab berupa karya]
TEORI CAUSALITAS ARISTOTELES DITEARAPKAN
 PADA ASAL MULA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
1.causa materialis -----agama, keprcayaan,adat istiadat,kebudayaan
2.Causa formalis------1.Bung karno
      2.Panitia 9
            3.Semua anggota BPUPKI
3.Causa finalis------Sebagai dasar filsafat Negara
4.Causa effisien-------PPKI










                SKHEMA PROSES PERUMUSAN   PS SBG  DSR  NEGARA
Pandangan hidup masy. Indonesia-------------------agama,adat istiadat,kebudayaan
              !
              !
Pemikiran kefilsafatan[proses]---------------  !
                                                                         !
                                                                               !---------------------Ideologi bangsa
       -Sidang BPUPKI                                        !
       -Sidang panitia 9                                      !                   
                     !                                                         !
Pandangan hidup[Produk]------------------ -  !
              !
              !
Dasar Negara [formal]----------------------------------------------------Ideologi Negara
       [Dimantapkan dlm
          Kehidupan kenegaraan]---------ditetapkan oleh ppki 18 agustus1945

      
FILSAFAT  PANCASILA-------Pancasila  yg ditinjau dr segi filsafat
Ilmu pengetahuan yg berusaha mencari hakekat Pancasila,dan berdasarkan
hakekat pancasila tsb kita pakai sbg landasan untuk menetapkan suatu
 kebijaksanaan hidup.
Obyek material:----Pancasila
Obyek formal   :-----Hakekat Pancasila
                                 Kebijaksanaan      
HAKEKAT----Sejumlah unsur  dalam satu kesatuan yg membentuk
 halnya atau barangnya,yg menjadikan halnya atau barangnya,menjadi
ada,kalau kita kehilangan salah satu unsur halnya atau barangnya menjadi tdk ada.
                                                                                       
Cara mencari hakekat:
         Dengan cara melepaskan aksidensianya[segala sesuatu yg mengelilingi hakekat tsb]
10 Kategori Aristoteles:                             
          1.ruang,2.waktu,3.keadaan
                4.aksi,5.passi,6.relasi
                 7.kualitas,8.kuantitas,9.sikap.----10.tinggallah hakekatnya[substansinya]  
CONTOH:H2O----------uap,air,es.                                       
                  FE------------Rel KA,sangobion,tralis.
LANDASAN PANCASILA SBG DSR FILSAFAT NEGARA
Sila2 pancasila sbg dasar filsafat Negara berdasarkan pada adanya:
                  Tuhan, manusia,satu, rakyat dan adil.
MENGANDUNG ISI ARTI MUTLAK BAHWA;
       Sifat2 dan keadaan yg ada di Negara republik Indonesia harus
       sesuai dg
 hakekat Tuhan,manusia,Satu rakyat,dan adil.
Sekarang yg perlu kita tegaskan,bhw yg tercantum dlm Pancasila
 bukan hal2 itu sendiri,akan ttp kesesuaian dg hal2 itu yaitu,
[Tuhan ,manusia, satu, rakyat dan adil],
 yg adanya sbg suatu realita,yg sdh menjadi kepastian diluar
 persoalan.
DALAM  HAL KESESUAIAN DG HAKEKAT;Tuhan, manusia,
 satu, rakyat dan adil,adalah  sbg akibat terhadap sebabnya,baik
 secara langsung maupun secara tdk langsung:
 *LAKSANA KACANG YG TDK MENINGGALKAN
 LANJARANNYA,
       *LAKSANA PELIMBAHAN YG KEJATUHAN AIR
        CUCURAN ATAP.
     
KESESUAIAN:
      -Adanya 2hal
      -Diantara 2hal itu ,ada hubungan.
       Hubungan itu adlh suatu perbandingan,
      -Kalau 2 hal yg sesuai diadakan suatu perbandingan hasilnya akan rupa2 dari
 sama,tdk sama;, dapat sedikit dpt banyak .
      -tdk mengandung arti yang   bertentangan atau berlainan sama sekali,
 meskipun tdk sama ,mesti ada unsur kesamaannya,
SIFAT.
Suatu hal yg tdk dpt berdiri sendiri,adanya terlekat pd hal atau barang lain,
menjadi bagian dari padanya sebagai suatu ciri khas dlm arti luas.
Kedaan:  Kesatuan sifat dg halnya
MACAM2 SIFAT;
1.sifat lahir.
2.sifat batin
3.bentuk, wujud,susunan.
4tenaga,gaya..

TIGA UNSUR YANG  HARUS  ADA  DLM HUBUNGAN  KESESUAIAN:
1.pokok pangkal hubungan.
2.pendukung hubungan.
3.asas hubungan.
       -sifat
        -luas, bentuk,berat.
        -sebab akibat


Hakekat sila2 pancasila
1.HAKEKAT TUHAN     
     -CAUSA PRIMA [SEBAB YANG PERTAMA]
     -asal mula segala sesuatu yg ada
     -Segala sesuatu yg ada  tergantung  padanya
     -Sempurna dan maha kuasa
     -Tdk berubah,tdk terbatas,adanya mutlak
2.Hakekat manusia:----MONO PLURARISME
                                             ! cipta
                         Jiwa------      ! rasa
                                                  ! karsa
1.susunan kodrat -!

                                                      ! alamiah              
                         Raga------       !hewaniah 
                                                ! tumbuh2an                   

                      ! makhluk individu 
2.sifat kodrat---- !
                            ! makhluk sosial

                                          ! pribadi berdiri sendiri                                       
3.kedudukan kodrat----     !
                                    !Makhluk Tuhan,


3.Hakekat satu
            -tdk dpt dibagi
            -mempunyai diri,sifat,bentuk,susunan tersendiri,
4.Hakekat rakyat:sekelompok manusia yg menjadi warga negara dlm suatu
              wilayah tertentu
5.Hakekat adil:dipenuhinya masing2 fihak apa yg menjadi hak
              Dan kewajiban.
HAK:Kuasa utk menerima atau melakukan barang sesuatu
         yang mestinya  Diterima atau dilakukan,hanya oleh
         fihak tertentu,tdk boleh     oleh orang
     Lain siapapun juga,yg pada prinsipnya dpt dituntut
     paksaan olehnya.
WAJIB :Beban untuk memberikan dan membiarkan,barang
          sesuatu yang
          Semestinya diberikan atau dibiarkan hanya oleh fihak
          tertentu,tdk
           Boleh oleh orang lain siapapun juga,yg pada prinsipnya
           dpt dtuntut
            Paksaan dr padanya.


Hubungan antara landasan pancasila dg Negara
1.Tuhan dg Negara
       Negara adalah lembaga kemanusiaan yg dibuat oleh manusia,manusia adlh
       makhluk ciptaan Tuhan.
       Jadi ada hubungan sebab akibat secara tdk langsung antara Tuhan dg Negara,
       yaitu melalui manusia.
       Ada   hubungan sebab akibat secara langsung yg diakui secara formal
        dlm alinea ke 3 Pembukaan UUD 1945
2.manusia dg Negara.
       Negara adlh lembaga kemanusiaan yg dibuat oleh manusia.
       Ada hubungan sebab akibat secara langsung antara manusia dg Negara.
3.Satu dg Negara
       Penjelmaan dari pada satu adlh kesatuan rakyat,kesatuan rakyat dpt timbul
       Suatu  Negara,jadi ada
       Sebab akibat secara tdk langsung antara satu dg Negara.
4.Rakyat dg Negara
       Rakyat merupakan salah satu unsur berdirinya suatu Negara,jadi ada
       hubungan sebab akibat
       Secara langsung antara rakyat dg Negara.
5.Adil dg Negara                                                                                                                                          
       Kalau Negara tdk mempunyai Negara sendiri namanya tdk adil.
       Jadi ada hubungan sebab akibat  secara langsung antara Negara dengan adil ,
       kalau kita tdk merdeka
       Hak kita tdk terpenuhi namanya tdk adil.




                           PANCASILA TINJAUAN YURIDIS KONSTITUSIONAL
PEMBUKAAN  UNDANG-UNDANG DASAR 1945
                 Hakekat dan kedudukan pembukaan UUD 1945.
Menurut penelitian ilmu hukum pembukaan UUD 1945 memenuhi syarat sebagai
 suatu tertib hukum.atau system hukum .
Tertib hokum atau system hokum  adalah
       Kebulatan peraturan2 hukum yg saling berhubungan satu dengan lainnya dan
        bersama-sama membentuk Satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan.
Adapun syarat2 dari tertib hokum adalah sebagai berikut
                -Adanya satu kesatuan subyek [penguasa ] yg mengadakan peraturan hukum
              -Adanya satu asas kerokhanianyg menjadi dasar dari keseluruhan
              peraturan hukum.
              -Adanya satu kesatuan daerah dimana keseluruhan peraturan
              hokum ituberlaku.
              -Adanya satu kesatuan waktu,terhadap berlakunya seluruh peraturan
               hukum itu Berlaku
.               -Adanya satu kesatuan tujuan yg merupakan cita2 yg ingin diwujudkan oleh
  keseluruhan  peraturan2 hukum.

 PEMBUKAAN UUD 1945 MEMPUNYAI KEDUDUKAN YANG KUAT                                                                                                                                                                                                                                                       
KEDUDUKAN KUAT PEMBUKAAN UUD1945 DIAKUI SECARA
 FORMAL.Sesuai tap MPR
NO.xx/ MPRS/1966,tap MPR V/MPR/1973,tapMPR IX/MPR/1978/,
tap MPR III/MPR/1983.
-PEMBUKAAN UUD 1945 MERUPAKAN  PERNYATAAN  KEMERDEKAAN
YANGTERPERINCI
 -YG DIDALAMNYA MENGANDUNG CITA2 LUHUR DARI
PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17Agustus 1945,
-yg didalamnya memuat  PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA,DAN
 -MERUPAKAN SATU KESATUAN DG PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945
             Maka dari itu tdk dpt diubah oleh siapapun juga termasuk MPR hasil pemilu.
-PEMBUKAAN UUD 1945 MERUPAKAN PERNYATAAN KEMERDEKAAN
 YG TERPERINCI.
       Karena apa yg dinyatakan dlm teks proklamasi hanyalah merupakan
       Pernyataan  Kemerdekaan yg singkat saja,sedang rincian lebih lanjut
       ada dlm pembukaan UUD 1945
Point 1 proklamasi------pernyataan kemerdekaan.
Point 2 proklamasi------hal2 yg akan dilaksanakan sesudah kita merdeka,
       Point 1,proklamasi dirinci lebih lanjut dalam alenia 1,2,3, pembukaan UUD 1945.
                     Alinea I.-----Berisi mengenai alasan kemerdekaan.dasar kemerdekaan.
                     Alinea II----Berisi mengenai cara kita memperoleh kemerdekaan.
                     Alinea III----Pengulangan kembali pernyataan kemerdekaan secara
                                         formal.              
       Point 2,proklamasi dirinci lebih lanjut dalam alinea 4,pembukaan UUD 1945.
                     Alinea IV---Berisi mengenai;
                                      a.tujuan negara
                                             b.politik Negara.
                                            c.Ketentuan diadakannya UUD NEGARA.
                                             d.Dasar Negara.
-PEMBUKAAN UUD 1945 MEMUAT CITA2 LUHUR PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945.
       PROKLAMASI:*Sumber kekuatan dan tekad perjuangan yg telah membangkitkan
                               dan Melahirkan kembali kepribadian bangsa Indonesia
       PEMBUKAAN UUD45:*berisi pedoman2 utk mengisi kemerdekaan
                        *Berisi tujuan yg ingin dicapai


PEMBUKAAN UUD 1945 MERUPAKAN SATU KESATUAN DENGAN                                                                                         
 PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945
Hubungan antara proklamasi dengan pembukaan erat sekali,keduanya tdk bisa dipisahkan
        “ ibarat 2 sisi dari satu mata uang logam yg sama “[satu hakekat dalam dua kenyataan ]
Proklamasi merupakan suatu peristiwa yang hanya bisa terjadi satu kali saja,tdk bisa terjadi
 berulang kali
 PEMBUKAAN UUD 1945 SEBAGAI POKOK KAIDAH NEGARA YG FUNDAMENTAL
Menurut penelitian ilmu hukum pembukaan UUD1945 memenuhi syarat sebagai
 pokok  kaidah negara yg fundamental  [staat fundamental norm].
Syarat2 tsb adlah sbb:
1.Dalam hal terjadinya:
    Ditentukan oleh pembentuk Negara,dan terjelma dlm suatu bentuk pernyataan lahir                                                     
    [ijab – qobul],sebagai penjelmaan kehendak pembentuk Negara untuk menjadikan
     hal2 tertentu menjadi dasar2 dari Negara yg ia bentuk.
2.Dalam hal isinya:
      a.Memuat asas kerokhanian Negara.
      b.Memuat asas politik Negara
      c.memuat tujuan Negara.                                                       
      d.memuat ketentuan diadakannya UUD
Sebagai pokok kaidah Negara yg fundamental didlm ilmu hukum mempunyai hakekat
 dan kedudukan yg kuat,tetap tdk berubah,terlekat pada kelangsungan hidup Negara
 tersebut.


PEMBUKAAN UUD 1945.
Menurut Hans naviasky dikatakan bahwa dlm ilmu hokum dpt diadakan peraturan
 hokum yg hirarkhis
       1.Grund norm[norma dasar]----Staats fundamental norm---pembukaan UUD 1945
       2.Grund gezets[hukum dasar]----UUD 1945
3.Recht aktern ----------peraturan pelaksana
HUBUNGAN PEMBUKAAN UUD 1945 DENGAN UUD 1945
PEMBUKAAN UUD 1945 ---------   !
                                                         !
                                                        !---------CAUSAL ORGANIS
                                                         !
UNDANG-UNDANG DASAR 1945-!
Hubungan  causal organis dpt diterangkan sbb:
       1pembukaan UUD1945 menentukan adanya undang2 dasar
       2pokok2 pikiran yg ada dlm pembukaan UUD 1945 dijelmakan dalam pasal2 UUD 1945




P0KOK2 PIKIRAN YANG TERDAPAT DLM PEMBUKAAN  UUD 1945
1.negara yang melindungi segenap bangsa IndonesIa dan seluruh tumpah                                                                                                               
 darah Indonesia, dengan berdasar atas persatuan.
2.Negara hendak mewujudkan adanya keadilan social bagI seluruh rakyat Indonesia.
3.Negara yang berkedaulatan rakyat berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan
 perwakilan.
         4..Negara yg berdasar atas keTuhanan yme  menurut dasar kemanusiaanyang adil dan beradab
Faham Negara persatuan:
            Negara yang melindungi dan meliputi segenap bangsa Indonesia seluruhnya.
            Negara yg mengatasi segala faham golongan maupun perseorangan.
             Negara ,penyelenggara Negara,warga Negara ,wajib mengutamakan,kepentingan Negara,kepentingan
             umum diatas kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan.
Negara kesatuan terbentuk melalui unsure2 yg membentuknya:
              1.Wilayah
                Negara Indonesia adalah Negara kepulauan,tiap pulau mempunyai sda dan cirri khas yg berbeda
                antara  yg satu dg yg lain.
              2.Rakyat.
               Ralyat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku,agama, adat istiadat yg berbeda antara yg satu dg
               yg lain.
               3.Pemerintah. 

HUBUNGAN ANTARA POKOK2 PIKIRAN YG ADA DLM PEMBUKAAN UUD 1945,CITA2 HUKUM
DAN HUKUM DASAR NEGARA.
        1.P0KOK2 PIKIRAN YG ADA DLM PEMBUKAAN UUD 1945 PADA HAKEKATNYA MERUPAKAN
           PANCARAN DARI PANCASILA YG MELIPUTI SUASANA KEBATINAN UUD,YG MENJIWAI
           HUKUM DASAR NEGARA BAIK YG TERTULIS MAUPUN YG TDK TERTULIS ,MENJIWAI
          ARTINYA POKOK2 PIKIRAN YG ADA DLM PEMBUKAAN
           KESEMUANYA DIJELMAKAN TERUTAMA  DLM PASAL2 UUD.
        2.POKOK2 PIKIRAN YG ADA DLM PEMBUKAAN UUD 1945 BERUSAHA UNTUK MEWUJUDKAN
          CITA2 HUKUM   YAITU KETERTIBAN DAN KEADILAN      
        3.CITA2 HUKUM SELALU MENGUASAI HUKUM DASAR NEGARA ,MENGUASAI ARTINYA
           MENENTUKAN ATURAN2 APA YG HRS DICANTUMKAN TERUTAMA DLM PASAL2 UUD,
           DENGAN PERKATAAN LAIN
             ATURAN2 YG ADA DLM PASAL2 UUD HRS MENCERMINKAN ATURAN2 DEMI TERCAPAINYA
            CITA2 HUKUM.
SIFAT2 HUKUM DASAR YG TERTULIS
          1.MERUPAKAN PERATURAN HUKUM YNG MENGIKAT,
           -PEMERINTAH SEBAGAI PENYELENGGARA NEGARA,                                                                                        
             -RAKYAT SEBAGAI WARGA NEGARA.
             -PENDUDUK YNG ADA DI INDONESIA.
          2.BERISI NORMA2,ATURAN2 ATAU KETENTUAN2 YG DPT DAN HRS DILAKSANAKAN.
3.MERUPAKAN PERUNDANG-UNDANGAN YG TERTINGGI,DAN
 BERFUNGSI
        SEBAGAI ALAT   KONTROL TERHADAP    NORMA2 HUKUM YG LEBIH RENDAH.
       4.Berisikan hak2 asasi manusia,bersifat singkat,yg sewaktu waktu bisa mengalami
        perubahan.
KONVENSI;ATURAN  DASAR YANG TIMBUL DAN TERPELIHARA DALAM
                       PRAKTEK PENYELENGGARAAN NEGARA
SYARAT2 KONVENSI
       1.KEBIASAAN YG TERPELIHARA DLM PRAKTEK PENYELENGGARAAN NEGARA
       2.BERJALAN SEJAJAR DG UUD ,SEHINGGA TDK BERTENTANGAN DG NYA
       3.MERUPAKAN ATURAN2 DASAR SEBAGAI PELENGKAP YG TDK TERDPT DLM UUD.
          4.DITERIMA RAKYAT SEHINGGA TDK BERTENTANGGAN DENGAN KEHENDAKNYA.
SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA MENURUT UUD 1945 HASIL AMANDEMEN
       1.INDONESIA IALAH NEGARA YG BERDASAR ATAS HUKUM.
       2.SISTEM KONSTITUSIONAL.
       3.KEKUASAAN NEGARA YG TERTINGGI ADA DITANGAN RAKYAT.
       4,PRESIDEN IALAH PENYELENGGARA PEMERINTAHAN YG TERTINGGI DISAMPING
         MPR DAN DPR.
       5.PRESIDEN TDK BERTANGGUNG JAWAB KPD MPR
       6.MENTERI NEGARA IALAH PEMBANTU PRESIDEN ,MENTERI NEGARA TDK BERTANGGUNG
         JAWAB  KPD DPR.
       7.KEKUASAAN KEPALA NEGARA TDK TAK TERBATAS.
INDONESIA IALAH NEGARA YG BERDASARKAN ATAS HUKUM.
NEGARA PEMERINTAH ,LEMBAGA2 NEGARA DLM MENJALANKAN TINDAKAN APAPUN
 DILANDASI DAN DPT DIPERTANGGUNG JAWABKAN SECARA HUKUM.
       HUKUM DLM HAL INI DILAWANKAN DG KEKUASAAN.
        PRINSIP INI SEJALAN DAN MERUPAKAN PELAKSANAAN POKOK2 PIKIRAN YG
 TERKANDUNG DLM PEMBUKAAN UUD 1945 YG DIWUJUDKAN OLEH CITA2
 HUKUM.YG   MENJIWAI HUKUM DASAR
MENURUT UUD 1945 NEGARA HUKUM DI INDONESIA ADLH NEGARA HUKUM DALAM
 ARTI LUAS.
          ARTINYA DISINI NEGARA HUKUM DALAM ARTI FORMAL  DAN DLM ARTIAN MATERIAL.
        *DALAM ARTI FORMAL:NEGARA YANG MELINDUNGI SEGENAP BANGSA INDONESIA
      DAN
SELURUH TUMPAH DARAH INDONESIA,NEGARA  DLM ARTIAN HANYA SEPERTI POLISI
 LALU LINTAS ATAU PENJAGA MALAM ,YG MENJAGA JANGAN SAMPAI TERJADI                                                                
 PELANGGARAN DAN MENINDAK PARA PELANGGAR HUKUM                       
*DALAM ARTI MATERIAL                                                                
NEGARA MEMPUNYAI KEWAJIBAN TRHADAP KESEJAHTERAAN UMUM DAN
 KECERDASAN  SELURUH WARGANYA.
MAKA  SETIAP TINDAKAN NEGARA HARUS MEMPERTIMBANGKAN:_LANDASAN HUKUM
 DAN  KEGUNAANNYA                                     
CIRI 2  NEGARA  BERDASARKAN ATAS HUKUM|
        1.ADANYA PEMBAGIAN KEKUASAAN DALAM NEGARA
        2.DIAKUINYA HAK AZASI MANUSIA
        3.ADANYA PERADILAN YG BEBAS MERDEKA SERTA TDK MEMIHAK
        4.TIAP2 WARGANEGARA MEMPUNYAI KEDUDUKAN YG SAMA DALAM
           HUKUM DAN PEMERINTAHAN                                                     
        5.PEMERINTAH MEMPUNYAI KEWAJIBAN UNTUK MEMAJUKAN
        KESEJAHTERAAN UMUM

PROSES P ENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA DILAKUKAN OLEH
 PENEGAK HUKUM YG TERDIRI DARI:
        1.KEPOLISIAN
        2.KEJAKSAAN
        3.KPK                                                                        
.       4.BADAN PERADILAN
                a.MAHKAMAH AGUNG
                b.mahkamah konstitusi
                c.PENGADILAN NEGERI
                d.PENGADILAN TINGGI
SISTEM KONSTITUSIONAL
       CARA PENGENDALIAN PEMERINTAHAN DIBATASI OLEH KETENTUAN2 KONSTITUSI,
       DAN OLEH KETENTUAN2 HUKUM LAIN YG MERUPAKAN PRODUK KONSTITUSIONAL
SISTEM PEMBAGIAN KEKUASAAN DI NKRI
      1.BADAN LEGISLATIF.                                                                                                                                                                                                  
           BADAN YG BERFUNGSI SBG PEMBUAT UU YAITU DPR. YG PENGESAHANNYA
           DILAKUKAN BERSAMA       
            DG PRESIDEN,BADAN LAIN YG MEMPUNYAI HUBUNGAN LANGSUNG DG DPR ADLH
          BPK YG MEMPUNYAI  FUNGSI SBG AUDITOR KEUANGAN ,YG HASIL
          PEMERIKSAANNYA
        DISAMPAIKAN   SECARA RUTIN SETIAP 3 BLN KPD DPR UTK PENGGUNAAN KEUANGAN
  NEGARA.   
        2.BADAN EKSEKUTIF
           BADAN YG BERFUNGSI MENJALANKAN UU ,LEMBAGA INI MELIPUTI PRESIDEN ,WK
            PRESIDEN YG DIBANTU OLEH PARA MENTERI NEGARA   
         3.BADAN YUDIKATIF
          BADAN YG BERFUNGSI MENGADILI PENERAPAN UU.
          LEMBAGA INI MELIPUTI;
                1.MAHKAMAH AGUNG                                             
                2.MAHKAMAH KOSTITUSI
                3.KOMISI YUDISIAL


PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL
Istilah “PARADIGMA” pd awalnya berkembang pd dunia ilmu pengetahuan terutama
 dlm kaitannya dengan filsafat ilmu pengetahuan .Ilmu pengetahuan sifatnya dinamis hal ini
 disebabkan oleh hasil penelitian manusia, shg kemungkinan dlm pekembangan yg sangat besar
 ditemukan kelemahan pd teori2 yg telah ada,dan jika demikian ilmuwan akan kembali asumsi2
dasar  serta asumsi teoritis sehingga perkembangan ilmu kembali mengkaji
 paradigma dr ilmu pengetahuan tsb.
PARADIGMA;SUATU ASUMSI2 DASAR ,DAN ASUMSI2 TEORITIS YG UMUM
         [MERUPAKAN SUMBER NILAI]
         KERANGKA BERPIKIR ORIENTASI DASAR ,SUMBER ASAS,                                                                           
   SERTA ARAH DAN TUJUAN DR SUATU PERKEMBANGAN ,PERUBAHAN
   SERTA PROSES DLM SUATU BIDANG TERTENTU TERMASUK
   BIDANG PEMBANGUNAN REFORMASI MAUPUN DLM BIDANG PENDIDIKAN.            
   SECARA FILOSOFIS PANCASILA SBG PARADIGMA PEMBANGUNAN
         NASIONAL------MENGANDUNG KONSEKWENSI------SEGALA ASPEK                                                                      
         PEMBANGUNAN NASIONAL HRS MENDASARKAN PADA
                         HAKIKAT NILAI2 PANCASILA
NILAI PANCASILA SECARA ONTOLOGIS------MENDASARKAN PD MANUSIA----
                        HAKEKAT MANUSIA  YG MONOPLURALIS
,                          
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DLM PERKEMBANGAN IPTEK
Dalam upaya manusia mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan
 harkat dan martabatnya mk manusia mengembangkan iptek.iptek pd
 hakekatnya merupakan suatu hasil kreatifitas manusia.
Atas dasar kreatifitas akalnya manusia mengembangkan    
 iptek dlm rangka mengolah kekayaan alam yg disediakan oleh Tuhan.
Oleh karena itu tujuan yg esensial dr iptek adlh demi kesejahtraan umat
 manusia.shg iptek pd hakekatnya tdk bebas nilai namun terikat oleh
 nilai Dan masalah ini Pancasila telah
 memberikan dasar nilai2 bagi pengembangan iptek demi
 kesejahteraan hidup umat manusia.pengembangan iptek sbg hasil
budaya manusia
 hrs didasarkan pd moral ketuhanan dan kemanusiaan.

PANCASILA SBG PARADIGMA PEMBANGUNAN POLEKSOSBUDHANKAM
PEMBANGUNAN PD HAKEKATNYA MERUPAKAN SUATU REALISASI PRAKTIS
 UTK MENCAPAI TUJUAN BANGSA.ADAPUN PEMBANGUNAN DIRINCI  DALAM BERBAGAI BIDANG POLEKSOSBUD HANKAM.
PEMBANGUNAN YG MERUPAKAN REALISASI PRAKTIS DLM NEGARA UTK
 MENCAPAI TUJUAN
 SELURUH WARGA HRS MENDASARKAN HAKEKAT MNS YANG”MONOPLURALIS”
oleh karena itu
 hakikat manusia merupakan sumber nilai bagi pembangunan POLEKSOSBUD
 HANKAM.

PANCASILA MERUPAKAN PARADIGMA PENGEMBANGAN BIDANG POLITIK
PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN BIDANG POLITIK HRS MENDASARKAN
 PADA DASAR
 ONTOLOGIS MANUSIA.HAL INI DIDASARKAN PADA KENYATAAN OBYEKTIF
 BAHWA MANUSIA  ADALAH
 SBG SUBYEK NEGARA.
        OLEH KARENA ITU KEHIDUPAN POLITIK DLM NEGARA HRS BENAR2 UTK
        MEREALISASIKAN
 TUJUAN DEMI HARKAT  DAN MARTABAT MANUSIA.
 DLM SISTEM POLITIK NEGARA HRS MENDASARKAN PD TUNTUTAN HAK DSR
 KEMANUSIAAN
,DLM SISTEM POLITIK NEGARA HRS MENDASARKAN PD KEKUASAAN YG
 BERSUMBER PD
 PENJELMAAN HAKIKAT MNS SBG
INDIVIDU2 SOSIAL YG TERJELMA SBG RKYT.MK KEKUASAAN NEGARA HRS
 MENDASARKAN
 PD ASAL MULA DR RAKYAT UTK RAKYAT.MK RAKYAT MERUPAKAN ASAL MULA
 KEKUASAAN NEGARA       

Comments

Popular posts from this blog

RAGAM METODE DALAM MEMAHAMI ISLAM

LAPORAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

KONSEP ELASTISITAS